ads_hari_koperasi_indonesia_74

FAO Akui Sebagai Negara Kepulauan, RI Bakal Maju

FAO Akui Sebagai Negara Kepulauan, RI Bakal Maju

Jakarta, hotfokus.com

Badan Pangan Dunia (FAO) mengungkap program ekonomi biru dapat menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan yang maju di masa depan.

“Penerapan program ekonomi biru dalam pengelolaan sektor kelautan dan perikanan sudah tepat untuk kepentingan ekologi, ketahanan pangan serta pertumbuhan ekonomi negara di masa depan,” kata Rajendra Aryal, Kepala Perwakilan Badan Pangan Dunia (FAO) untuk Indonesia dan Timor Leste, seperti dikutip dari lama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Selasa (6/2/2024).

Ia mengaku pelaksanaannya program ekonomi biru akan menghadapi banyak tantangan, karena konsep ini termasuk di masyarakat. Namun FAO diakuinya siap mendukung Indonesia. Diantaranya melalui program yang sudah berjalan, seperti Indonesia Seas Large Marine Ecosystem (ISLME) dan IFish.

Menurutnya, ada beberapa kolaborasi yang telah dilakukan dengan Indonesia di bidang perikanan tangkap dan budidaya darat. Bahkan beberapa good practice telah dilakukan dengan baik.

Disebutkan, program ekonomi biru sektor kelautan dan perikanan Indonesia tertuang dalam lima agenda besar. Program ini untuk memastikan pemanfaatan sumber daya perikanan dilakukan secara bertanggung jawab sehingga keberlanjutan ekosistem di dalamnya tetap terjaga.

Lima program ekonomi biru yang digagas KKP mencakup perluasan kawasan konservasi laut, penerapan kebijakan penangkapan ikan terukur, pembangunan budidaya perikanan di darat, pesisir, dan laut secara berkelanjutan, pengendalian dan pengawasan pemanfaatan pesisir dan pulau-pulau kecil, serta penanganan sampah plastik di laut. (bi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *