ads_hari_koperasi_indonesia_74

Sepanjang Stabilitas Politik Terjaga, Investasi Makin Baik

Sepanjang Stabilitas Politik Terjaga, Investasi Makin Baik

Jakarta, hotfokus.com

Sekretaris Kementerian Koordinator Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, menyatakan banyak investor melihat, bahkan menanyakan peluang investasi di Indonesia.

“Saat ini, mereka memang wait and see hingga hasil pemilu nanti. Tapi mereka sudah punya rencana konkret. Sepanjang stabilitas politik nanti terjaga, investasi di tahun ini akan lebih baik,” katanya, saat acara Investortrust Economic Outlook 2024 yang mengambil tema ‘Investasi dan Sektor Bisnis yang Bertumbuh di Tahun Politik’, Kamis (25/1/2024).

Selama 8 kuartal berturuut-turut, Susiwijono, mengungkap perekonomian Indonesia tumbuh di atas 5 persen hingga kuartal III-2023. “Karenanya, kita optimis di 2024 akan lebih baik lagi. Apalagi pada kuartal I-2024 ini, kita akan menyambut hajatan Pemilu, tepatnya pada 14 Februari 2024. Ini menjadi momentum positif bagi Indonesia,” ucapnya.

Secara historis, ia menambahkan periode Pemilu cenderung mendorong aktivitas ekonomi dalam negeri melalui belanja pemerintah dan belanja konsumsi lainnya. Aktivitas pemilu juga akan menumbuhkan PDB riil serta perputaran jumlah uang beredar meningkat.

Terlebih lagi, agenda pembangunan di 2024 juga didukung dengan fokus kebijakan APBN. Kebijakan fiskal dirancang dengan tujuan mengakselerasi target dan prioritas pembangunan nasional. Agenda transformasi ekonomi, termasuk hilirisasi sumber daya alam baik hasil tambang maupun pangan, juga akan terus dilanjutkan.

“Semangat dan optimisme yang sudah dimiliki harus dilengkapi dengan strategi dan implementasi kebijakan yang didukung semua pihak. Karena itu, sinergi dan kolaborasi para pihak harus dijaga dan diperkuat karena akan menjadi kunci utama mencapai tujuan bersama yakni pertumbuhan ekonomi Indonesia yang kuat,” jelasnya. (bi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *