Lakukan Revitalisasi, PTPN X Incar Laba Rp150 Miliar

Lakukan Revitalisasi, PTPN X Incar Laba Rp150 Miliar

Jakarta, hotfkus.com

Pada 2020 mendatang, PT Perkebunan Nusantara (Persero) X atau PTPN X menargetkan mengantongi laba bersih sebesar Rp 150 miliar atau naik sekitar 25 persen dari target tahun ini yang hanya Rp120 miliar.

Menurut Direktur Utama PTPN X Dwi Satriyo Annurogo, peningkatan laba bersih tersebut ditopang dari penambahan kapasitas pabrik gula yang saat ini sedang dalam revitalisasi. Proses itu ditargetkan selesai pada tahun depan.

“Revitalisasi akan menaikkan produksi menjadi 360 ribu-370 ribu ton, bertambah sekitar 200 ton. Biasanya, tempat kami per tahun 330 ribu-350 ribu ton,” ujarnya.

Sejauh ini, perseroan baru merevitalisasi satu pabriknya yang berada di Mojokerto, Jawa Timur. Perseroan menggelontorkan dana sebesar Rp850 miliar untuk memperluas kapasitas pabrik tersebut.

“Dananya dari pemerintah, kami dapat dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp975 miliar, nah yang Rp850 miliar kami gunakan untuk revitalisasi,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan, kantong perseroan nantinya tak hanya terisi dari penjualan gula saja, tapi juga unit usaha lain, seperti lumpur dari tebu yang bisa digunakan untuk pupuk organik dan bagas atau ampas tebu.

“Itu bisa dibuat produk yang namanya bio pellet. Ini disukai oleh Korea dan Jepang. Artinya, apapun dari tebu bisa dimanfaatkan,” terang Dwi.(ert)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply