ads_hari_koperasi_indonesia_74

Depot Mini LPG PT Pertamina Patra Niaga di Lombok Diresmikan

Depot Mini LPG PT Pertamina Patra Niaga di Lombok Diresmikan

Lombok, Hotfokus.com

PT Pertamina Patra Niaga (PPN) pada hari Kamis (13/12) meresmikan pembangunan Depot Mini LPG berlokasi di Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat setelah dilaksanakannya ground breaking 24 Oktober 2017 lalu.

Peresmian untuk pengoperasian depot dilakukan oleh Gubernur NTB Dr.H. Zulkieflimansyah S.E.,M.Sc bersama PT Pertamina (Persero) yang ditandatangani oleh Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur, Gandhi Sriwidodo.

Depot Mini LPG yang dibangun oleh PPN ini memiliki kapasitas 2 X 1500MT yang berada diatas lahan seluas 60.310M2 dengan kapasitas dermaga 3500DWT dan menjadi bagian dari salah satu program Pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) untuk mendukung program konversi minyak tanah ke elpiji.

Supply Point untuk Depot Mini LPG tersebut didatangkan dari Kalbut Situbondo melalui kapal tanker LPG yang bersandar langsung di lokasi Depot Mini LPG untuk kemudian disimpan di Storage LPG Lombok dan di salurkan ke SPPBE dengan menggunakan Skid Tank Truck LPG berkapasitas 12MT.

Direktur Utama PPN mengatakan, pembangunan Depot Mini tersebut diharapkan dapat memenuhi kebutuhan LPG di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Lombok khususnya dan ketahanan stock dari 3 hari menjadi 10 hari sehingga security of supply meningkat.

”Kami mengharapkan doa dan dukungan dari semua pihak agar Depot LPG ini berjalan sesuai dengan tujuannya,” katanya Kamis (13/12).

Pembangunan Depot Mini LPG di Lombok Barat ini menjadi yang pertama di NTB. Terpilihnya Sekotong sebagai lokasi pembangunan karena dinilai kedalaman perairan dan ombak yang sesuai, sehingga kapal tanker pengangkut LPG dapat melakukan bongkar muat dengan aman.

Dihubungi terpisah, pengamat kebiajakan energi, Sofyano Zakaria menyambut baik kehadiran Depot Mini LPG di Lombok NTB. Menurutnya, ini menjadi pertanda bahwa Pemerintah dan Pertamina berusaha mengisi ketahanan energi nasional dan ketahanan energi daerah.

“Pembangunan depot elpiji di Lombok ini menunjukkan bahwa Pemerintah dan Pertamina berusaha mengisi ketahanan energi nasional dan juga daerah. Ini harus disyukuri dan diapresiasi masyarakat,” kata Sofyano di Jakarta, Kamis (13/12).

Lebih jauh ia mengatakan, dibangunnya Depot Mini di Lombok juga menjadi pertanda bahwa Pertamina selalu berupaya keras memenuhi distribusi elpiji kepada masyarakat dengan bisa menekan biaya distribusi. “Ini bisa membuat efisien biaya operasional BUMN energi itu,” ujarnya.

Pria yang juga dikenal sebagai Direktur Eksekutif Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) ini juga berharap, Pertamina bisa membangun Depot-depot LPG Mini di setiap daerah. Karena selain berguna untuk memperkuat ketahanan enerji daerah dan nasional, kehadiran Depot LPG Mini di setiap daerah juga membuat Pertamina kaya dengan fasilitas energi di daerah-daerah.

“Adanya Depot LPG di setiap daerah akan lebih menjamin ketersediaan pasokan elpiji ketimbang bulk elpiji harus selalu bergantung pada pengiriman lewat kapal pengangkut elpiji,” pungkasnya.

Sehari sebelum acara peresmian, PT Pertamina Patra Niaga juga melakukan CSR berupa penyerahan santunan dan perlengkapan sekolah kepada 50 anak yatim dan dhuafa serta bantuan untuk pembangunan mesjid yang berada di sekitar area Depot LPG.(ACB)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply