ads_hari_koperasi_indonesia_74

OJK : Ada 83 Perusahaan Yang Siap Melantai Di BEI

OJK : Ada 83 Perusahaan Yang Siap Melantai Di BEI

Jakarta, Hotfokus.com

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa hingga saat ini masih ada 83 perusahaan di Pipeline penawaran umum, dengan total emisi mencapai Rp52,56 triliun. Jumlah tersebut termasuk rencana perusahaan yang akan melakukan penawaran umum perdana saham (IPO).

“Berdasarkan catatan kami, masih terdapat 83 penawaran umum dalam proses (pipeline) senilai total Rp52,56 triliun, dengan 40 penawaran umum di antaranya akan dilakukan melalui mekanisme IPO,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso di Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Menurut Wimboh, hingga 3 Agustus 2021, penghimpunan dana melalui pasar modal bertumbuh 99,36 persen (year-on-year) menjadi Rp117,94 triliun dari 27 emiten baru yang melakukan IPO. Angka ini belum termasuk realisasi IPO PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) sebagai emiten ke-28 di 2021 yang telah mencatatkan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 Agustus 2021.

“Capaian ini hampir melampaui perolehan di 2020 yang sebesar Rp118,7 triliun. Dan, kami yakin dapat kembali mencapai level sebelum di akhir tahun 2021,” ujar Wimboh.

Pada dasarnya, lanjut dia, kondisi pandemi Covid-19 telah menyebabkan mobilitas masyarakat menjadi terbatas, sehingga terjadi penurunan konsumsi masyarakat dan berdampak pada peningkatan disposable income yang mengendap dalam bentuk simpanan di perbankan dan kebijakan fiskal maupun moneter turut meningkatkan likuiditas di pasar.

“Implikasi dari kebijakan dimaksud membuat masyarakat memiliki dana berlebih yang siap untuk diinvestasikan. Masyarakat kemudian mencari alternatif investasi lain yang memberikan return lebih tinggi, salah satunya adalah instrumen pasar modal,” tutup Wimboh. (DIN/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply