Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan di level 3,50 Persen

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuan di level 3,50 Persen

Jakarta, Hotfokus.com

Bank Indonesia (BI) kembali memutuskan untuk tetap mempertahankan suku bunga 7 days reverse repo rate (BI-7 DRRR) di level 3,50 persen. Sementara tingkat suku bunga deposit facility juga bertahan di level 2,75 persen dan suku bunga lending facility stabil di level 4,25 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan keputusan tersebut ditetapkan berdasarkan hasil keputusan dari rapat dewan gubernur (RDG) yang dilaksanakan pada tanggal 19-20 April 2021. Keputusan tersebut tetap mempertimbangkan berbagai hal baik faktor eksternal ataupun domestik.

“Keputusan ini sejalan dengan peeluanya kita untuk menjaga stabilitas nilai tukar ruliah di tengah masih tingginya ketidakpastian pasar global meskipun perkiraan inflasi masih tetap rendah,” ujar Perry dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (20/4/2021).

Dijelaskan bahwa BI masih akan terus memantau perkembangan dinamika perekonomian global dan domestik untuk menentukan langkah dan kebijakan lanjutan terkait suku bunga acuan. Koordinasi yang erat dengan pemerintah dan KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan) akan terus dilakukan BI dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi.

“Untuk mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional, BI akan terus mengoptimalkan bauran kebijakan moneter dan kebijakan makroprudensial serta mempercepat digitalisasi sistem pembayaran,” pungkas dia. (DIN/Rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply