ads_hari_koperasi_indonesia_74

Garuda Indonesia Pastikan 10 Armadanya Layak Terbang

Garuda Indonesia Pastikan 10 Armadanya Layak Terbang

Jakarta, Hotfokus.com

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan 10 armadanya jenis boeing B777-300ER yang dioperasikan layak terbang. Penegasan ini disampaikan menyusul adanya insiden pesawat dengan tipe yang sama mengalami kegagalan fan blade engine pada pesawat boeing dengan tipe B777-200 di beberapa maskapai penerbangan dunia yang viral dalam beberapa hari ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra menegaskan bahwa armada B777-300ER yang dioperasikannya telah menjalani prosedur inspeksi kelayakan terbang sesuai manual manufaktur. Seluruh unit dengan tipe itu telah memenuhi kriteria layak terbang berdasarkan ketentuan aircraft maintenance manual di bawah pengawasan penuh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

“Adapun terkait insiden dengan indikasi kegagalan fan blade engine pada pesawat boeing dengan tipe B777-200 di beberapa maskapai penerbangan dunia, dapat kami sampaikan bahwa series pesawat tersebut berbeda dengan jenis armada B777 series yang Garuda Indonesia operasikan saat ini, yakni tipe B777-300ER yang pada dasarnya memiliki spesifikasi engine yang berbeda, dimana pesawat B777-300 ER yang saat ini dioperasikan Garuda Indonesia menggunakan engine tipe GE90-115B buatan pabrikan General Electric,” kata Irfan dalam keterangannya, Selasa (23/2/2021).

Disamping menjalankan prosedur inspeksi secara menyeluruh, Garuda juga menjalankan mekanisme perawatan secara berlapis dan end to end pada seluruh pesawat. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi pesawat dalam kondisi yang prima ketika akan terbang.

“Sebagai antisipasi, kami juga telah menjalankan inspeksi khusus secara menyeluruh terhadap seluruh armada B777-300ER. Dari prosedur inspeksi tersebut, seluruh komponen pesawat dalam kondisi serviceable dan layak terbang. Hasil inspeksi tersebut juga telah kami sampaikan kepada DKPPU,” papar Irfan.

Garuda, lanjut Irfan, tetap komitmen untuk mengedepankan aspek safety sebagai prioritas utama dalam seluruh lini operasionalnya. Hal ini sejalan dengan konsistensi perawatan armada yang dijalankan sesuai dengan standar safety manufaktur pesawat dan regulasi keselamatan penerbangan.

“Upaya menyeluruh dan berlapis yang kami terapkan dalam menjalankan prosedur inspeksi dan perawatan armada secara komprehensif tersebut dilakukan guna memastikan pesawat yang diterbangkan telah memenuhi standard kelaikudaraan sesuai regulasi yang berlaku,” tutup Irfan. (DIN/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply