ads_hari_koperasi_indonesia_74

Pertamina Kilang Balongan Evakuasi dan Bantu Warga Terdampak Banjir 

Pertamina Kilang Balongan Evakuasi dan Bantu Warga Terdampak Banjir 

Jakarta, hotfokus.com

PT Pertamina Kilang Internasional melalui Kilang Balongan membantu korban banjir di Kabupaten Indramayu.

Aksi Pertamina Peduli gabungan dari Comrel dan CSR, HSSE, Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP PBB) dan Patrapala difokuskan pada evakuasi warga yang terjebak banjir setinggi 1,5 meter yang menggenangi rumah warga di lima desa.

Ke- 5 Desa yakni Desa Pilangsari Kecamatan Jatibarang (300KK), Desa Kongsijaya Kecamatan Widasari (800KK), Desa Tukdana Kecamatan Tukdana (80KK), Desa Jangga Kecamatan Losarang, dan 3 desa di Kecamatan Kertasmaya terpusat di Desa Tulungagung (700KK) menjadi titik lokasi bantuan utama Pertamina.

Korban kemudian diungsikan ke sejumlah posko yang didirikan mandiri oleh desa, maupun BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) di tempat ibadah dan sekolah.

Selain itu Pertamina Kilang Balongan juga menyalurkan bantuan berupa masker, obat-obatan, pembalut, popok, terpal, alas tidur, selimut, susu, beras, telur, mie instan, biskuit dan karung untuk pembuatan tanggul sementara.

Unit Manager Com, Rel & CSR Refinery Unit VI, Cecep Supriyatna menyampaikan, aksi ini merupakan bagian dari kepedulian Pertamina dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir.

“Kami membantu masyarakat yang masih terjebak banjir di rumah, berkoordinasi dengan BPBD  setempat. Adapun dalam proses evakuasi kami menurunkan satu unit perahu karet yang dioperasikan perwira Pertamina yang memilki kemampuan mengevakuasi, baik dari kelompok Pecinta Alam Patrapala, Serikat Pekerja, dan tim HSSE. Selain itu kami juga membantu berbagai kebutuhan untuk pengungsi baik bahan makanan, perlengkapan sanitasi, dan lian-lain,” jelas Cecep.

Curah hujan yang mengguyur wilayah Indramayu selama beberapa hari ini, telah mengakibatkan sungai Cimanuk meluap karena tidak mampu menahan derasnya debit air.

Sehingga hampir seluruh wilayah pemukiman warga di sekitar aliran sungai terendam banjir, sejak Senin siang (8/2) hingga hari ini.

“Pertamina senantiasa berupaya untuk memberikan kontribusi yang terbaik untuk masyarakat, terutama dalam kondisi bencana. Harapan kami masyarakat dapat terbantu secara psikologis dan material untuk menghadapi kondisi ini,” tutup Cecep.(ert/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *