ads_hari_koperasi_indonesia_74

Kebijakan PPKM Mikro Berlaku Mulai Hari Ini

Kebijakan PPKM Mikro Berlaku Mulai Hari Ini

Jakarta, Hotfokus.com

Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berbasis skala mikro (PPKM Mikro) resmi berlaku mulai hari ini, Selasa (9/2/2021). Kebijakan ini akan diterapkan hingga 22 Februari 2021 mendatang dengan ketentuan pembatasan kegiatan sampai pada tingkat RT/RW.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menjelaskan bahwa kebijakan PPKM Mikro ini dilakuka demi pengendalian Covid19. Pasalnya kasus positif setiap hari melonjak bahkan saat ini totalnya melebihi angka 1 juta kasus. Penerapan PPKM Mikro disesuaikan dengan data perkembangan kasus untuk menekan kasus positif.

“Tujuan utama PPKM Mikro adalah untuk menekan kasus positif dan melandaikan kurva sebagai prasyarat utama keberhasilan dalam penanganan Covid-19. Selain itu tentu sekaligus sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional,” ujar Airlangga dalam keterangannya, Selasa (9/2/2021).

Airlangga menambahkan, agar skenario pengendalian lebih terkontrol dengan baik, perlu dibentuk Posko (Pos Jaga) di Desa/Kelurahan, yang melakukan 4 Fungsi yatiu Pencegahan, Penanganan, Pembinaan, dan Pendukung operasional penanganan Covid-19 di Desa/Kelurahan. Skenario pengendalian dilakukan dengan memaksimalkan 3T (Testing, Tracing, Treatment), isolasi pasien positif dan kontak erat, pembatasan mobilitas dan pergerakan serta penyediaan kebutuhan pokok (bantuan beras dan masker).

“Untuk mencapai tujuan tersebut, perlu disiapkan skenario pengendalian dengan titik tekan pada level terkecil yaitu di RT/ RW yang ada di Desa/ Kelurahan,” kata dia. (DIN/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *