ads_hari_koperasi_indonesia_74

Doni Monardo Raih Anugerah Medali Emas Dalam HPN

Doni Monardo Raih Anugerah Medali Emas Dalam HPN

Jakarta, Hotfokus.com

Kepala BNPB sekaligus Ketua Satgas Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo menerima anugerah medali emas dari Dewan Pers dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Dalam kondisi masih menjalani isolasi mandiri, Doni mengikuti rangkaian HPN 2021 secara virtual, Selasa (9/2/2021).

“Ini bukan medali emas untuk saya pribadi, tetapi medali emas untuk tim yang telah bekerjasama sejak awal pandemic Covid-19, selama penanganan, dan ke depan. Pers adalah bagian penting yang tidak pernah saya tinggalkan,” ujar Doni Monardo, usai menerima medali emas secara virtual.

Doni menyebut medali emas yang diterimanya sebagai Medali Emas Pentahelix. Pentahelix adalah lima unsur kekuatan dalam pembangunan. Kelimanya adalah pemerintah/pemerintah daerah, akademisi, pengusaha, komunitas/masyarakat, dan media. “Tak terkecuali dalam penanganan Covid-19, media menjadi salah satu ujung tombak,” ujar Doni.

Doni Monardo menambahkan bahwa dalam banyak kesempatan, 63 persen keberhasilan pengendalian pandemi berada di tangan media. Terbukti, pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 maupun pengetahuan masyarakat tentang 3M, di atas 65 persen secara nasional. Meskipun, angka itu tidak paralel dengan tingkat kepatuhan.

Dalam kesempatan yang sama, Doni Monardo adalah sosok yang terbuka kepada pers. Tidak saja terbuka menerima saran, tetapi juga menerima kritik. Doni juga menjalin komunikasi dengan para pimpinan media, serta para pemilik media di Tanah Air.

Di tempat terpisah, Anggota Dewan Pers, Agus Sudibyo mengatakan, Medali Emas Dewan Pers kepada Doni Monardo adalah bentuk penghargaan masyarakat pers Indonesia atas kepedulian terhadap pers. “Pak Doni telah membantu pers melalui FJPP (Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku). Itu sangat membantu dan sangat diapresiasi,” ujar Agus, seraya menambahkan, “Program yang bagus ini harus dilanjutkan.”(DIN/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply