ads_hari_koperasi_indonesia_74

Kardaya Warnika: Kepastian Hukum Penting untuk Investasi Migas

Kardaya Warnika: Kepastian Hukum Penting untuk Investasi Migas

Jakarta, Hotfokus.com

Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Kardaya Warnika mengatakan, akan sulit bagi pemerintah untuk mendorong peningkatan eksplorasi migas di Indonesia, jika pemerintah tidak bisa memberikan kepastian hukum bagi investor.

Bahkan menurutnya, meskipun pemerintah telah mengucurkan insentif, hal ini niscaya tidak akan banyak memberi perubahan, jika kepastian hukum.tidak bisa diberikan.

Kardaya mengungkapkan, ada sejumlah hal yang dipikirkan investor sebelum mengambil keputusan untuk berinvestasi dan melakukan kegiatan eksplorasi, dimulai dari menentukan apakah lokasi tersebut memiliki potensi atau tidak. Kemudian, baru meningkat ke tahap evaluasi ke arah keekonomian.

“Artinya, dengan dimasukkan term-nya, pajak, kalau dikerjakan eksplorasi akan menguntungkan nggak. Kalau oke, naik ke atas lagi ke tahapan berikutnya, kepastian hukum,” ujar Kardaya di Jakarta, Senin (8/2/2021).

Ia menambahkan, jika kepastian hukum sudah baik, maka pertimbangan investor yang terakhir adalah stabilitas nasional dan politik. Setelah semua bisa diterima dengan baik, barulah saatnya insentif diberikan.

Menurutnya, apapun insentif diberikan, tapi jika tidak dibarengi dengan kepastian hukum, maka investor tidak akan tertarik.

“Eksplorasi tolong pikirkan, undang investor dan kaji betul. Jangan asal keluarkan insentif, buktinya berapa paket insentif nggak jalan, bukan itu yang dipermasalahkan,” pungkasnya. (SNU/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply