ads_hari_koperasi_indonesia_74

Mau Dapat Fasilitas KUR Untuk Bisnis Pertashop, Begini Caranya

Mau Dapat Fasilitas KUR Untuk Bisnis Pertashop, Begini Caranya

Jakarta, Hotfokus.com

Pemerintah memberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk memulai bisnis Pertashop di pedesaan. Cara untuk mengaksesnya terbilang cukup mudah, karena menggunakan sistem online untuk mengakses perizinan, hingga akses KUR.

Asisten Deputi Pasar Modal dan Lembaga Keuangan Kemenko Perekonomian, Gede Edy Prasetya saat dihubungi Hotfokus.com, Kamis (4/2/2021) menjelaskan, fasilitas pembiayaan KUR untuk bisnis Pertashop merupakan sinergi pemerintah dengan BUMN Pertamina, dimana cara kerja dari program tersebut adalah, calon pelaku usaha mengajukan kerjasama untuk bisnis Pertashop melalui platform yang disiapkan Pertamina.

Platform tersebut, kata Edy, nantinya akan tersambung ke fasilitas pembiayaan KUR yang dilayani oleh 43 lembaga penyalur KUR. “Nantinya mereka (calon nasabah) memakai website nya Pertamina untuk pengajuan itu (Kerjasama Pertashop). Disitu nanti selama ini untuk pembiayaan kan agak susah, nanti kita bantu melalui KUR. Nanti ada sistem yang me-link kan antara yang aplikasi permohonan untuk bisa bikin Pertashop dengan bank nya (penyalur KUR) langsung. Nanti kalau sudah mengajukan, bank nya tinggal verifikasi lapangan,” jelasnya.

Adapun platform KUR yang bisa dipeeoleh kreditur, jumlahnya dapat mencapai maksimal Rp500 juta. Jumlah itu, kata Edy cukup untuk permodalan bisnis Pertashop yang nilainya diperkirakan berkisar antara Rp200 – 400 juta.

“Kalau di KUR maksimal hanya Rp500 juta, kalau untuk Pertashop antara Rp200 – 400 juta yang bisa dilayani. Diatas itu kita gak bisa melayani, harus pakai kredit komersial,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Edy, ada sedikitnya 43 lembaga penyalur KUR, mulai dari Perbankan (Bank Himbara dan Asbanda), Lembaga Keuangan hingga unit Koperasi. “Kami sudah siap untuk nge-link nya. Kami sudah menunggu, tergantung Pertamina kapan siapnya,” tuturnya.

Edy menambahkan, pihaknya menyambut baik kesempatan inovasi kerja sama akses KUR untuk program Pertashop Pertamina, karena hal itu akan sangat bermanfaat bagi calon mitra dan masyarakat. Menurutnya, potensi bisnis portofolio Pertashop sebagai lembaga penyalur energi resmi Pertamina ke masyarakat potensinya sangat bagus dan masih bisa dikembangkan inovasi layanannya.

“Diharapkan kita bisa menemukan cara dan pola terbaik mendorong penyaluran KUR untuk implementasi Program Pertashop, sehingga tujuan besar penyaluran KUR dan Pertashop bisa dicapai bersama,” pungkasnya. (SNU/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *