ads_hari_koperasi_indonesia_74

Elnusa Siap Dukung Pencapaian Target Produksi Minyak 1 Juta Bph

Elnusa Siap Dukung Pencapaian Target Produksi Minyak 1 Juta Bph

Jakarta, Hotfokus.com

PT Elnusa Tbk  mmenegaskan siap mendukung program pemerintah dalam merealisasikan produksi minyak 1 juta barel per hari (bph). SKK Migas sudah mencanangkan empat strategi target produksi minyak nasional 1 juta bph di tahun 2030. Pertama, menjaga produksi existing, kedua percepatan resource to production, ketiga penerapan Enhance Oil Recovery (EOR) dan keempat Giant Discoveries.

Direktur Utama Elnusa, Ali Mundakir, menyatakan dari empat strategi yang dicanangkan SKK itu, perseroan memiliki kompetensi dan portofolio bisnis yang berimbang dan lengkap dari hulu hingga hilir yang mencakup keseluruhan strategi. Oleh sebab itu, Elnusa menyatakan kesiapannya dalam mendukung pencapaian target.

“Hingga saat ini Elnusa telah berkontribusi dan akan terus berperan aktif melalui kompetensi yang dimilikinya,” kata Ali dalam keterangannya, Kamis (28/1/2021).

Ali mengurai dari empat strategi itu, pertama dalam menjaga produksi existing ELSA memiliki kompetensi dan kapabilitas di sektor hulu migas melalui berbagai jasa operasi produksi dan maintenance untuk lifting migas. Jasa ini terdiri dari well intervention, drilling/ workover hingga O&M. Khusus untuk drilling, Elnusa telah mengembangkan fabrikasi secara mandiri Hydraulic Workover & Drilling Unit (HWD-Unit) sehingga biaya drilling untuk sumur-sumur baru lebih competitive.

Pilar kedua percepatan resources to production dan ketiga penerapan EOR, kedua pilar ini dimiliki Elnusa masih melalui sektor hulu migas handal dalam jasa EPC di hulu migas seperti konstruksi stasiun kompresor gas di Pertamina EP. Sementara itu, pada penerapan EOR Elnusa telah menjalin kemitraan strategis dengan pabrikan chemical terkemuka dan juga telah mempunyai kompetensi untuk melakukan operasi EOR secara mandiri, yaitu injeksi polimer di lapangan Tanjung.

Selain itu, lanjut Ali, Elnusa juga terlibat aktif melakukan ujicoba lapangan metode baru EOR yang menggunakan vibroseis di lapangan Jambi. Metode ini diharapkan bisa memberikan hasil yang lebih cepat dan signifikan sehingga bisa diterapkan dalam skala yang lebih luas kedepannya.

Strategi terakhir yaitu giant discoveries juga masih pada sektor hulu migas yang kompetensinya dimiliki perseroan. Elnusa baru saja mendukung rampungnya seismik laut 2D KKP Jambi Merang untuk Pertamina sepanjang 32.000 km. Survei tersebut dilakukan menggunakan Elsa Regent.

“Seismik tersebut merupakan terpanjang se-asia pasifik dalam kurun 10 tahun terakhir,” sambungnya.

Saat ini Elnusa terus berupaya untuk mendukung pemerintah memenuhi target produksi minyak 705 ribu bph di tahun 2021. Merujuk data Ditjen Migas ESDM mengenai konsumsi domestik BBM pada kondisi normal, yaitu di kisaran 1,5 juta bph dan bila diasumsikan bahwa kebutuhan tersebut turun 30 persen karena pandemi. Maka dari itu masih ada 1 juta bph yang harus dipenuhi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut harus dilakukan impor.

“Secara fundamental bisnis Elnusa ini akan terus berjalan sesuai dengan pemenuhan kebutuhan energi nasional dan bagi kami ini merupakan suatu fundamental yang sangat kokoh untuk kami lakukan ekspansi bisnis,” pungkas Ali. (DIN/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply