ads_hari_koperasi_indonesia_74

Bank Indonesia Tahan Suku Bunganya Di Level 3,75 %

Bank Indonesia Tahan Suku Bunganya Di Level 3,75 %

Jakarta, Hotfokus.com

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) kembali memutuskan untuk mempertahankan suku bunga 7 days reverse repo rate (BI-7 DRRR) di level 3,75 persen. Kemudian untuk suku bunga deposit facility juga tetap berada pada level 3 persen dan untuk suku bunga lending facility stabil di level 4,50 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan keputusan tersebut ditetapkan berdasarkan hasil keputusan RDG yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Desember 2020. Keputusan tersebut mempertimbangkan perkiraan inflasi yang tetap rendah, stabilitas eksternal yang terjaga, dan sebagai langkah lanjutan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“RDG Memutuskan untuk tetap mempertahankan BI-7 Days Reverse Repo Rate di level 3,75 persen. Selain itu suku bunga deposit facility dan lending facility sebesar 3 persen dan 4,5 persen masing-masing,” ujar Perry dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (21/1/2021).

Dijelaskan bahwa BI masih akan terus memantau perkembangan dinamika perekonomian global dan domestik untuk menentukan langkah dan kebijakan lanjutan terkait suku bunga acuan. Koordinasi yang erat dengan pemerintah dan KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan) akan terus dilakukan BI dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi.

” BI siap perkuat sinergi kebijakan dan mendukung kebijakan lanjutan untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional melalui berbagai instrumen,” pungkas Perry. (DIN/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply