Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuannya

Bank Indonesia Pertahankan Suku Bunga Acuannya

Jakarta, Hotfokus.com

Bank Indonesia (BI) mempertahankan suku bunga 7 days reverse repo rate (BI-7 DRRR) sebesar 4 persen. Sementara itu suku bunga deposit facility tetap berada pada level 3,25 persen dan untuk suku bunga lending facility stabil di level 4,75 persen.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan bahwa keputusan tersebut didasarkan pada hasil rapat dewan gubernur BI yang dilaksanakan pada 18 – 19 Agustus 2020. Beberapa hal yang mendasari keputusan tersebut adalah kondisi makro ekonomi dan juga kondisi moneter domestik. Selain itu juga didasarkan pada beberapa perkembangan ekonomi global.

“Keputusan ini berlaku efektif hari ini 19 agustus 2020, keputusan ini konsisten dengan perlunya menjaga stabilitas nasional di tengah inflasi yang diperkirakan akan tetap rendah,” ujar Perry dalam konferensi pers via live streaming, Rabu (19/8).

Dijelaskannya bahwa suku bunga BI-7 DRRR ini adalah yang terendah sejak 2016. Diharapkan dengan acuan yang tetap berada pada level rendah ini bisa mendorong perbaikan ekonomi nasional yang saat ini tengah terpukul akibat pandemi covid-19. Perry menegaskan bahwa kedepan BI akan terus melihat kondisi ekonomi global dan juga domestik untuk menentukan langkah-langkah kebijakan moneter lanjutan.

“Keputusan ini konsisten dengan perlunya menjaga stabilitas eksternal, di tengah inflasi yang diperkirakan tetap rendah,” pungkasnya. (DIN/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply