ads_hari_koperasi_indonesia_74

BI Turunkan Suku Bunga Acuan Sebesar 25 Bps

BI Turunkan Suku Bunga Acuan Sebesar 25 Bps

Jakarta, Hotfokus.com

Bank Indonesia (BI) memutuskan menurunkan suku bunga 7 days reverse repo rate (BI-7 DRRR) sebesar 25 basis poin (bps) dari level 4,50 persen menjadi 4,25 persen. Keputusan ini didasarkan pada hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) pada 17 – 18 Juni 2020.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan  BI juga menurunkan suku bunga deposit facility sebesar 25 bps dari level 3,75 persen menjadi 3,50 persen. Kemudian suku bunga lending facility juga diturunkan sebesar 25 bps dari 5,25 persen menjadi 5 persen.

“Keputusan ini konsisten dengan kebijakan BI untuk tetap menjaga stabilitas ekonomi nasioal dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi, ” kata Perry dalam konferensi pers via live streaming, Kamis (18/4).

Perry menegaskan bahwa kedepan BI akan terus melihat kondisi ekonomi global dan juga domestik untuk menentukan langkah-langkah kebijakan moneter lanjutan terutama di tengah wabah corona yang melanda saat ini. BI membenarkan bahwa saat ini memang masih ada ruang bagi BI untuk melakukan penurunan suku bunga. Namun untuk kebijakan ini akan ditempuh dengan tetap memperhatikan perkembangan pasar global atau domestik.

“Kita masih melihat ada ruang untuk penurunan suku bunga seiring dengan rendahnya inflasi, terjaganya stabilitas eksternal dan perlunya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya. (DIN/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *