ads_hari_koperasi_indonesia_74

Kecerobohan RRC Soal Corona Ancam Publik Asia Tenggara

Kecerobohan RRC Soal Corona Ancam Publik Asia Tenggara

Jakarta, Hotfokus.com

Bela Indonesia Gerakan Pilar Bangsa (BELAIN) menilai, kegagalan pemerintah RRC menutupi ancaman serius wabah Corona di Provinsi Hubei, dan kegagalan menutupi pelanggaran HAM di Provinsi Xinjiang, jadi bumerang menyerang pemerintah RRC.

Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif BELAIN, Abdusssalam Hehanussa di Jakarta, Jumat (14/2/2020). “Kecerobohan pemerintah komunis RRC ini, semakin meneror publik Asia Tenggara, terutama warga negara Singapura yang semakin resah, cemas dan panik. Saat ini pasien korban virus Corona sudah mencapai 47 orang dan mengisolasi 896 tersangka lainnya di Singapura,” kata Abdussalam.

Menurut dia, kondisi Singapura saat ini telah menyebabkan resiko psikologi politik dan ekonomi lebih besar dipikul pemerintah Singapura, dibanding yang dihadapi pemerintah Indonesia. “Hal ini karena jumlah wisman RRC yang datang ke Singapura mencapai 3,6 juta orang per tahun. Lebih banyak dari 3,1 juta wisman Indonesia dan 1,4 juta dari India,” ungkapnya.

Terkait kondisi psikologi ekonomi warga negara dan pemerintah Singapura dan Indonesia yang saling tergantung dengan situasi RRC, pihaknya mendukung penuh keseriusan kewaspadaan nasional pemerintah RI dalam menangani penyebaran wabah virus Corona kepada WNI di luar dan dalam negeri. “Kita juga mengapresiasi pengadaan peralatan PCR ( Polymerase Chain Reaction) untuk mendeteksi cepat virus Corona, sejak 14 Januari 2020,” ujarnya.

BELAIN, kata dia, juga mendukung penuh perlindungan pemerintah Singapura terhadap WNI yang terinveksi virus Corona. “Karena respon keseriusan tersebut mampu mengurangi efek paranoid publik media sosial di Asia Tenggara dari teror hoax, rumor, dan informasi palsu,” kata dia.

Pria yang biasa disapa Alan ini juga menyerukan semua generasi muda milenial, organisasi kepemudaan dan media untuk terus memonitor janji Presiden RRC, Xi Jinping kepada Presiden Jokowi untuk menjaga dengan baik WNI di RRC dengan semangat keterbukaan dan transparansi. “Saya mengajak kita semua untuk terus memonitor janji Presiden RRC yang akan menjaga dengan baik para WNI di RRC,” pungkas Alan.(ral)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply