ads_hari_koperasi_indonesia_74

Tunjuk Deputi Baru, Menkop UKM Targetkan UKM dan Koperasi Bisa Naik Kelas

Tunjuk Deputi Baru, Menkop UKM Targetkan UKM dan Koperasi Bisa Naik Kelas

Jakarta, Hotfokus.com

Demi mengejar target  pertumbuhan ekonomi yang dikontribusikan dari sektor usaha kecil menengah (UKM), Kementerian Koperasi dan UKM terus melakukan penguatan organisasi di internnya. Salah satunya melalui penunjukan pejabat tinggi madya Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini kosong lantaran pejabat lamanya purna tugas. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki resmi melantik Arif Rahman Hakim untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut.

Teten berharap dengan adanya Deputi SDM yang baru, program-program strategis Kementerian dapat segera diakselerasi. Pasalnya sosok Arif Rahman Hakim adalah orang yang kompeten karena sebelum adalah orang dari Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) yang kemudian dikaryakan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Teten menegaskan kinerja dan track record Arif sangat baik sehingga sangat layak menduduki jabatan Deputi Bidang SDM.

“Saudara Arif ininsaya percaya karena kita anggap bisa mengembangkan gagasan baru untuk model bisnis di UKM dan koperasi sehingga bisa melahirkan pendekatan baru, saudara bersama kami untuk sama-sama membangun kementerian yang kredibel yang memberikan manfaat kepada masyarakat banyak,” kata Teten usai melantiknya di Kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu (5/2).

Teten menyatakan tantangan yang dihadapinya untuk mengembangkan UKM dan koperasi tidak mudah. Walaupun secara jumlah pelaku UKM sangat tinggi yaitu mencapai 99 persen dari keseluruhan lapangan kerja, namun kontribusinya terhadap PDB justru sangat kecil yaitu sekitar 0,01 persen. Sementara unit usaha besar sedang yang jumlahnya kecil justru mampu menjadi tumpuan bagi pertumbuhan ekonomi.

Untuk itu, lanjut Teten, dengan kondisi yang jomplang tersebut diperlukan upaya dan kerja keras dari seluruh stake holder terkait khususnya Kementerian Koperasi dan UKM. Melalui penataan pejabat di lingkungan Kementeriannya, Teten berharap dalam lima tahun kedepan struktur ekonomi nasional yang dikontribusikan dari UKM bisa meningkat.

“Tantangan kita ke depan kalau kita tidak serius dan menggunakan pendekatan baru dan visi baru dalam pengembangan UKM dan koperasi maka kesenjangan akan makin lebar. Maka kita ditantang bagaimana membangun UKM dan koperasi jadi besar dan kompetitif sehingga struktur ekonominya lebih adil,” ulas Teten.

Seperti diketahui Kementerian Koperasi dan UKM juga tengah melakuka  lelang jabatan untuk tiga kedeputian yang kosong lantaran pejabat lamanya telah dan akan purna tugas. Ketiga deputi yang dilelang untuk kalangan PNS dan profesional diantara Deputi Bidang Pembiayaan, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha dan Deputi Bidang Pengawasan.

Sementara itu, Arif Rahman Hakim, menyatakan kesiapannya untuk mengemban amanah baru di lingkungan Kementerian Koperasi dan UKM. Pihaknya akan segera melakukan identifikasi dan mempelajari program-program strategis Kementerian untuk dapat segera dilaksanakan. Dia melihat selama ini kinerja Kementerian khususnya Deputi SDM sudah cukup baik. Oleh sebab itu hal-hal yang menjadi PR akan diupayakan untuk segera diselesaikan demi memenuhi perintah dari Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki untuk mendorong UKM dan koperasi naik kelas.

“Saya melihat sudah baik yah, yang baik-baik ini tentu akan kita lanjutkan. Dan saya siap untuk melaksanakan tugas ini agar target UKM naik kelas bisa terwujud,” tutur Arif. (DIN/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *