ads_hari_koperasi_indonesia_74

Sinar Mas Komitmen Dukung Pendirian BWM Untuk Genjot Ekonomi Syariah

Sinar Mas Komitmen Dukung Pendirian BWM Untuk Genjot Ekonomi Syariah

Jakarta, Hotfokus.com

PT Sinar Mas mendukung perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Salah satu bentuk dukungan Sinar Mas adalah dengan memberikan bantuan sebesar Rp4,6 miliar pada Bank Wakaf Mikro (BWM) di Pondok Pesantren Al Fadlu wal Fadlilah 2.

Secara simbolik, bantuan diterima KH Alamuddin Dimyati Rois selaku pengasuh ponpes. Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto, berharap beroperasinya BWM di ponpes yang didirikan ulama kharismatik, KH Dimyati Rois ini dapat menginspirasi komunitas santri untuk mendirikan lebih banyak lagi lembaga serupa, mengingat potensi ekononi syariah di Indonesia sangat besar. Hal itu karena Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia dengan puluhan ribu pesantren.

“Keuangan syariah adalah salah satu solusi memperluas akses layanan keuangan bagi masyarakat. Hal ini diadopsi Bank Wakaf Mikro di komunitas pondok pesantren guna menjangkau para santri, masyarakat pedesaan serta industri skala kecil di sekitarnya,” ujar G. Sulistiyanto dalam keterangannya, Selasa (31/12).

BWM sendiri adalah Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang berdiri dengan seizin OJK pada tahun 2017. BWM menjadi lembaga yang menyediakan pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses ke lembaga keuangan formal. Skema yang tersedia menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat kecil, dengan margin pembiayaan sebesar 3 persen per tahun dengan tanpa agunan. Menurutnya Sinar Mas komitmen untuk memberikan dukungan pada pendirian 20 unit BWM lain. Namun diharapkan sektor privat juga dapat memberikan dukungannya juga.

“Sudah barang tentu, guna membawa perekonomian di lingkup pesantren naik kelas, kami bergerak menggalang dukungan juga kepedulian sektor privat dalam pendirian BWM,” ujar Sulistiyanto. (DIN)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply