ads_hari_koperasi_indonesia_74

Dirjen IKMA : Harbolnas Dorong Peningkatan Penjualan Produk Dalam Negeri

Dirjen IKMA : Harbolnas Dorong Peningkatan Penjualan Produk Dalam Negeri

Jakarta, Hotfokus.com

Pemerintah menyambut baik pelaksanaan hari belanja online nasional (harbolnas) yang dimulai hari ini, Kamis (12/12). Diyakini dengan adanya event tahunan tersebut dapat mendorong konsumsi rumah tangga dan juga mendorong peningkatan penjualan produk industri kecil dan menengah (IKM).

Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Gati Wibawaningsih, mengatakan dari tren transaksi yang terjadi tahun lalu selama Harbolnas berlangsung, produk-produk dalam negeri mendominasi dibandingkan produk impor. Hal ini berarti Harbolnas dapat dijadikan ajang untuk meningkatkan transaksi produk dalam negeri dan menekan impor. Pasalnya selama ini isu yang berkembang produk-produk asing membanjiri Indonesia yang ditransmisikan melalui perdagangan online.

“Kita sambut baik karena teman – teman IKM itu mempunyai bagian untuk menjual di Harbolnas. Tentu harbolnas ini tidak semasif produk-produk industri besar tapi tahun lalu Harbolnas yang merajai adalah produk Indonesia, bukan produk asing. Produk fashion yang merajai,” kata Gati di Jakarta, Kamis (12/12).

Hanya saja Gati enggan membeberkan secara rinci berapa nilai transaksi dalam Harbolnas tahun lalu yang dikantongi dari penjualan produk dalam negeri khususnya dari IKM. Dia berharap tahun ini catatan positif dari produk-produk IKM pada Harbolnas tahun lalu bisa terulang di tahun ini.

Dari data lembaga riset Nielsen, produk-produk lokal diketahui berhasil mencatat nilai transaksi di ajang Harbolnas tahun lalu sebesar Rp3,1 triliun. Angka itu setara 46 persen dari total nilai transaksi Harbolnas 2018 sebesar Rp 6,8 triliun. Total transaksi Harbolnas sendiri meningkat 45 persen atau Rp 2,1 triliun dari tahun sebelumnya, yang dicatat meraup transaksi digital sebesar Rp 4,7 triliun. (DIN/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply