ads_hari_koperasi_indonesia_74

Investor Emas Cenderung Meningkat

Investor Emas Cenderung Meningkat

Jakarta, hotfokus.com

PT Pegadaian (Persero) mengklaim kesadaran masyarakat untuk investasi emas menunjukkan tren yang meningkat. Hal itu ditunjukkan dengan jumlah nasabah yang menabung atau menitipkan emasnya ke Pegadaian meningkat drastis.

Menurut data, jumlah nasabah emas per Oktober 2019 mencapai 3,65 juta atau tumbuh 115 persen dibandingkan tahun 2018 sebesar 1,69 juta. Sementara itu dari sisi jumlah rekening tercatat mencapai 3,73 juta dari sebelumnya 1,74 juta rekening atau tumbuh 115 persen juga. Sementara dari jumlah titipan emas, pada periode tersebut sudah mencapai 3,87 ton dari sebelumnya yang hanya 2,1 ton atau meningkat 80 persen year on year.

Heri Prasongko, Kepala Operasional Produk Emas PT Pegadaian (Persero), mengatakan adanya peningkatan investasi atau titipan emas menjadi pertanda yang baik. Artinya tingkat literasi masyarakat terhadap produk emas juga tumbuh dengan baik. “Masyarakat Indonesia sangat besar antusiasmenya pada emas itu bisa dilihat dari jumlah emas yang ditaruh di kami,” kata Heri dalam seminar bertema The Power of Gold, Emas Sebagai Penjaga Ketahanan Perekonomian, di Jakarta, Jumat (29/11).

Dia menegaskan bahwa banyak keunggulan ketika masyarakat memilih opsi investasi dalam bentuk emas. Selain tidak korosi meskipun disimpan dalam rentang waktu yang lama, emas tidak terpengaruh oleh inflasi. Hanya saja emas lebih tepat jika digunakan sebagai instrumen investasi dalam jangka yang panjang.

“Emas cenderung naik nilainya, kalau untuk jangka pendek memang fluktuatif tapi kalau jangka panjang trennya cenderung naik, emas juga mudah dijual atau jadi agunan,” sambungnya.

Di Pegadaian sendiri, Heri menyatakan jumlah emas yang tersimpan atau dititipkan di Pegadaian hingga saat ini secara total jumlahnya sudah mencapai sekitar 60 ton. Dari sisi target penjualan emas, Pegadaian menargetkan tahun ini bisa menjual emasnya  sekitar 5,4 ton. Hingga saat ini jumlah penjualan baru mencapai 4,6 ton. Heri optimis hingga akhir tahun jumlah penjualan produk emasnya akan mencapai target yang ditetapkan. Untuk itu Pegadaian terus mempromosikan produk-produk emasnya melalui anak usaha, Galeri 24.

“Untuk proyeksi target titipan tabungan emas (rekening) sudah tercapai 2019, proyeksi kami bisa sampai 4,2 ton hingga akhir tahun ini. Makanya kami terus promosikan produk tabungan emas ini karena sangat membantu masyarakat dalam perencanaan ekonomi mereka,” pungkas Heri. (DIN/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply