ads_hari_koperasi_indonesia_74

Manajemen Pertamina Kenapa Harus Diisi Orang Luar?

Manajemen Pertamina Kenapa Harus Diisi Orang Luar?

Jakarta, hotfokus.com

Dalam tiga hari terakhir berkembang isu bahwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bakal menempati salah satu posisi di PT Pertamina (Persero).

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu disebut-sebut akan menduduki Komisaris Utama. Bahkan ada yang menyebut sebagai Direktur Utama.

“Sudah empat kali berturut-turut kursi Dirut Pertamina diduduki oleh orang non karier Pertamina dan ternyata hasilnya pun biasa biasa saja,”tegas Direktur Eksekutif Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria.

Tercatat ada tujuh Dirut Pertamina yang bukan orang karier Pertamina. Antara lain Widya Purnama, Martiono Hadianto, Baihaki Hakim, Karen Agustiawan, Dwi Sucipto, Elia Masa Manik , dan Nicke Widyawati.

“Apakah pemerintah yang berkuasa tak percaya dengan kemampuan orang karier Pertamina sehingga tidak mau menempatkan orang karier pertamina utk menduduki kursi Dirut Pertamina?,”tegas Sofyano.

Dia menambahkan, kali ini jika Dirut Pertamina diganti lagi tetap pemerintah tidak “percaya” akan kemampuan orang karier Pertamina sehingga kembali memilih orang luar pertamina memimpin pertamina.

“Apakah selama ini dirut pertamina dan atau menteri bumn yang ada tidak berhasil membina orang karier pertamina sehingga orang karir pertamina tidak dipercaya dan tidak pantas mendapat kesempatan memimpin pertamina. Jadi sesungguhnya siapa yang tidak mampu,”paparnya. (ACB)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply