Dukung Tiket Pesawat Turun, AP I Siapkan “Cashback” 

Dukung Tiket Pesawat Turun, AP I Siapkan “Cashback” 

Jakarta, Hotfokus.com

PT Angkasa Pura I tengah mematangkan insentif untuk maskapai terkait upaya untuk membantu menurunkan tiket pesawat.

Direktur Angkasa Pura I Faik Fahmi usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Jakarta, Senin, mengatakan insentif tersebut bisa berupa pemotongan harga atau diskon.

“Teknisnya kemarin disepakati mungkin nanti dalam bentuk pemberian semacam pemotongan atau cashback yang kita sepakati. Prinsipnya kita akan berikan,” katanya.

Sementara itu, untuk maskapai penerbangan berbiaya murah sudah disepakati pemberian diskon hingga 50 persen dari tarif batas atas (TBA) untuk Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00 WIB.

“Di penerbangan sesuai ketentuan itu kami berikan insentif khusus dalam bentuk uang yang nanti mengkompensasi apa yang dikeluarkan maskapai,” katanya.

Ia mengaku mekanisme pemberian insentif itu masih didikusikan, termasuk dengan operator bandara pesaing, yakni PT Angkasa Pura II. “Ini masih dalam pembahasan mekanisme. Tapi, prinsipnya akan diberikan. Masalah teknisnya saja bisa diserahkan ke masing-masing institusi,” katanya.

Meskipun insentif dari sisi biaya di bandara tidak begitu signifikan, yakni hanya di bawah satu persen dari biaya operasional maskapai, Faik mengaku pihaknya sepakat untuk menciptakan bisnis penerbangan yang sehat.

“Ini lebih kepada komitmen kami untuk mendukung. Kita kan ingin ciptakan industri aviasi yang sehat, jadi kami sepakat dukung, tapi proporsional,” katanya.

Salah satu maskapai LCC yang sudah menerapkan, yakni Citilink Indonesia di 62 penerbangan per hari pada Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan total saat ini 3.348 kursi.Adapun rute-rute yang mengalami penyesuaian harga tiket diantaranya adalah rute Jakarta –Medan pp, Jakarta – Yogyakarta pp, Makassar – Surabaya pp, Jakarta – Denpasar pp, Balikpapan – Denpasar pp, Surabaya – Banjarmasin pp, Jakarta – Solo pp, Jakarta – Malang pp, Batam – Pekanbaru pp, Jakarta – Pangkal Pinang pp, Jakarta – Bengkulu, Kertajati – Pekanbaru, Medan – Yogyakarta dan berbagai rute lainnya.(ral)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply