ads_hari_koperasi_indonesia_74

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Industri Pariwisata Tanah Air Meradang

Harga Tiket Pesawat Masih Mahal, Industri Pariwisata Tanah Air Meradang

Jakarta, Hotfokus.com

Harga tiket pesawat domestik yang melambung tinggi sejak Januari, hingga saat ini belum ada perubahan signifikan dan menyebabkan pelaku industri wisata dan perhotelan tidak berekspektasi tinggi meski sebentar lagi memasuki musim libur Ramadan.

Menurut Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran, mahalnya harga tiket penerbangan sangat memukul industri hotel, restoran, dan transportasi.

“Pada peak season tahun ini, okupansi berpotensi merosot 20–40 persen. Jika okupansi hotel rata-rata 60 persen, berarti ada yang okupansinya tinggal 20 persen,’’ ujar Maulana.

Dikatakan, mahalnya harga tiket pesawat akan mengakibatkan target-target pariwisata tidak tercapai. Padahal, saat ini pemerintah sudah memutuskan pariwisata sebagai sumber pendapatan utama bagi keuangan negara. ’’Tiket domestik yang mahal bakal membuat wisatawan Nusantara (wisnus), terutama milenial, lebih memilih untuk pergi ke luar negeri,’’ katanya.

Lebih jauh ia mengatakan, fenomena stagnansi traffic wisatawan sudah tecermin dari libur panjang pada awal tahun. “Seperti Imlek lalu, tidak ada maskapai penerbangan yang mengajukan penerbangan ekstra. Pas libur Natal–tahun baru lalu, jumlah penerbangan ekstra hanya dalam hitungan jari,” paparnya.

Sementara Ketua Umum DPP Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Asnawi Bahar mengakui, harga tiket pesawat domestik saat ini sangat mahal daripada tiket internasional.

’’Maskapai (penerbangan, Red) menjual di kelas Y, yakni kelas harga tertinggi. Waktu itu pernah ada pengumuman akan menjual di kelas N (medium) dan Y. Ternyata hanya kelas Y yang tersedia. Kalau kelas V, yang terendah, sudah tidak ada yang menjual,’’ ungkapnya.

Pihaknya menyoroti tingginya harga tiket pesawat domestik sejak sebelum masa liburan Natal dan tahun baru. ’’Ini turut menjadi masalah kita. Harga tiket sangat mahal, bahkan bukan hanya untuk destinasi kota wisata, tapi juga destinasi kota-kota besar. Naiknya bisa lebih dari 50 persen,’’ tegasnya.(ert)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *