ads_hari_koperasi_indonesia_74

Tekan Angka Golput, 250 Brand Gelar Pesta Diskon Saat Pemilu

Tekan Angka Golput, 250 Brand Gelar Pesta Diskon Saat Pemilu

Jakarta, hotfokus.com

Guna menekan masyarakat yang golput pada saat pencoblosan Pemilu Rabu (17/04/19) dunia usaha menggelar acara pesta diskon bertajuk “Klingking Fun”

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan kegiatan pesta diskon yang diikuti 250 merek (brand) tersebut dilakukan untuk meningkatkan partisipasi warga terhadap Pemilu dan menurunkan angka golput.

“Rencana menggelar KlingKing Fun sebenarnya diawali kegelisahan karena hari pencoblosan berdekatan dengan libur hari besar. Hal ini sangat merangsang orang untuk ambil cuti dan libur panjang,” katanya saat konferensi pers di Hotel JS Luwansa, Senin (15/4/2019).

Menurut dia kegiatan tersebut merupakan program yang diharapkan masyarakat tidak bepergian keluar kota atau luar negeri sebelum menunaikan haknya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Dengan adanya promo diskon di raturan toko ritel ternama, Triawan berharap banyak orang yang memutuskan untuk mencoblos di TPS sebelum akhirnya libur panjang.

Pasalnya, diskon yang ditawarkan oleh peritel cukup menggiurkan, yakni 10-50 persen. Ada pula yang menerapkan promo harga murah bagi konsumen yang berpartisipasi dalam Pemilu 17 April mendatang.

“Ini cara kreatif meningkatkan pemilih. Kami tak berpihak kanan kiri, kemajuan demokrasi,” jelasnya.

Di saat banyak pelaku bisnis memutuskan hengkang sejenak dari Indonesia, beberapa asosiasi yang terkait dengan kebutuhan konsumen justru ikut serta menyukseskan pesta demokrasi.

Ketua Tim Ahli Wapres Jusuf Kalla ini mengatakan tahun-tahun sebelumnya dia pasti ke luar negeri untuk merayakan Paskah bersama anak dan cucu di Australia. Namun, hal itu tidak dilakukan pada tahun ini.

“Saya tunda liburan saya. Saya berharap pelaku bisnis yang lain juga mengikuti. Nyoblos dahulu baru bepergian,” jelasnya.

Menurutnya, pesta diskon KlingKing Fun sekaligus ajang peritel menyambut periode puasa-Lebaran. Karena itu, masyarakat tak perlu takut soal stok karena sangat mencukupi.

Lebih dari itu, KlingKing Fun pasti akan meningkatkan penjualan (sales) para peritel dan pemilik brand.

Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus Harian APINDO Shinta Kamdani mengatakan selain 250 brand ternama, banyak pula merek lokal di daerah-daerah di luar Jawa yang ingin ikut serta dalam program KlingKing Fun.

“Cara mendapat diskon mudah sekali, tinggal tunjukkan jari yang sudah dicelup tinta ungu sebagai tanda resmi telah mencoblos. Konsumen bisa mendatangi gerai-gerai ritel untuk mendapat promo diskon atau vocer,” jelasnya.

Jenis ritel yang berpartisipasi dalam program ini a.l. makanan dan minuman, fesyen, departemen store, minimarket, toko tematik (specialty store), kesehatan dan kecantikan, hingga bioskop yang tersebar di berbagai kota.(SA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply