ads_hari_koperasi_indonesia_74

Investasi Tahun Lalu Merosot, Indef Sebut Kebijakan Pemerintah Bikin Galau

Investasi Tahun Lalu Merosot, Indef Sebut Kebijakan Pemerintah Bikin Galau

Jakarta, hotfokus.com

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam laporan resminya menyampaikan, realisasi investasi sepanjang tahun 2018 tercatat Rp 721,3 triliun rupiah atau hanya mampu dicapai 94,3 persen dari target.

Ekonom Institut for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan kinerja realisasi investasi yang tumbuh dibawah growth PDB dianggap tidak terlepas dari dinamika ekonomi global yang berpengaruh terhadap keputusan investasi.

Tidak itu saja, sentimen yang datangnya dari dalam negeri terkait kebijakan pemerintah, turut memberikan andil negatif bagi iklim investasi tahun lalu.

“Tapi kita harus banyak bercermin kedalam, faktor seperti belum tajamnya insentif dalam 16 paket kebijakan, transisi oss yang justru membuat perizinan rumit, tarik ulur regulasi pusat daerah, maju mundurnya keputusan soal perluasan DNI dan rendahnya kualitas infrastruktur di kawasan industri membuat investor berpikir ulang untuk menanamkan modal di Indonesia,” jelas Bhima ketika dihubungi, Rabu, (30/01).

Selain itu, pemilu juga berdampak negatif khususnya terhadap Foreign Direct Investment (FDI). Kekhawatiran bukan soal kegaduhan atau konflik antar parpol plus timses, akan tetapi kekhawatiran kebijakan pemerintah yang tidak konsisten serta fiskal populis minus belanja produktif.

Sejumlah indikator inilah, menurut INDEF kenapa ranking kemudahan investasi di Indonesia cenderung negatif.

“Ranking EODB kita yang merosot dari 72 ke 73 di tahun 2018 juga menjadi catatan bahwa akselerasi reformasi perizinan perlu didorong.” tegas Bhima. (SA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply