ads_hari_koperasi_indonesia_74

Bawaslu: TNI Polri Harus Netral Saat Pemilu

Bawaslu: TNI Polri Harus Netral Saat Pemilu

Jakarta, hotfokus.com

Mendekati Pemilihan Umum (Pemilu) yang efektif 3 bulan mendatang, dinamika suara publik yang muncul semakin santer. Untuk itu, netralitas TNI, Polri dan ASN menjadi keharusan yang mutlak dipenuhi demi terselenggaranya pesta demokrasi pada April 2019 mendatang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)Abhan menegaskan, netralitas TNI, Polri dan ASN menjadi harga mati demi terselenggaranya Pemilu serentak 2019 secara demokratis.

“Untuk mewujudkan Pemilu 2019 secara damai dan sukses, saya rasa netralitas TNI, Polri dan ASN sangat dibutuhkan. Netralitas TNI, Polri, dan ASN mnjadi harga mati,” papar Abhan di Jakarta, Rabu (30/01).

Jika ketiga Instansi ini mampu, kata dia, menjaga wibawanya sebagai pihak yang netral, dan ditambah KPU-Bawaslu disemua tingkatan taat terhadap aturan main pelaksanaan Pemilu, maka Pemilu demokratis akan terwujud.

“Jika netralitas TNI-Polri, dan ASN yang sangat diharapkan ditengah masyarakat dipegang teguh, serta penyelenggara taat aturan, Saya yakin Pemilu serentak yang dilangsungkan pada 17 April mendatang akan berjalan sukses dan demokratis,” tegas mantan Ketua Bawaslu Jateng itu.

Dalam kesempatan ini Abhan juga menyampaikan indeks kerawanan pemilu (IKP) 2019 yang telah dilaunching oleh Bawaslu. Abhan mengatakan, IKP dilahirkan oleh Bawaslu bertujuan untuk memetakan potensi pelanggaran dalam Pemilu 2019 dan mencegah sedini mungkin.(SA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply