ads_hari_koperasi_indonesia_74

Soal Avtur Menteri Rini Bela Pertamina

Soal Avtur Menteri Rini Bela Pertamina

JAKARTA –Menteri BUMN Rini Soemarno akhirnya buka suara soal permintaan asosiasi penerbangan nasional agar harga avtur turun. Menurut dia, dirinya tak bisa memaksa Pertamina untuk menekan harga avtur di dalam negeri. “Avtur kan hitungan bisnis, jadi kita tidak bisa merombak atau menekan harga Pertamina harus (menurunkan harga). Kan Pertamina, harus menghitung secara biaya dia,” ujarnya di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Rabu (16/1).

Namun Rini berjanji Kementerian BUMN tidak akan lepas tangan jika tarif tiket pesawat melonjak. Saat ini, Kementerian BUMN sedang berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura I (Persero) dan PT Angkasa Pura II (Persero) untuk menurunkan biaya pendaratan (landing fee) maskapai di bandara.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menuturkan tingginya harga avtur di bandara domestik terjadi karena tingginya biaya distribusi dan infrastruktur yang terbatas.

“Di Indonesia kan ada lokasi yang sangat terpencil. Kami juga ada subsidi silang. Singapura kan sangat mudah di Changi,” ujar Nicke.

Ke depan, Pertamina sudah berencana untuk memperbaiki infrastruktur, sehingga bisa menekan biaya distribusi. Namun, untuk saat ini, harga avtur masih akan mengikuti pergerakan harga minyak Mid Oil Plats Singapore (MOPS).

“Ketika harga minyak dunia turun, harga avtur akan turun,” katanya. (acb)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply