ads_hari_koperasi_indonesia_74

Revolusi Industri 4.0 Butuh Peningkatan SDM Penting

Revolusi Industri 4.0 Butuh Peningkatan SDM Penting

Jakarta, Hotfokus.com

Kesiapan sumber daya manusia (SDM) menjadi tantangan terbesar Indonesia menghadapi revolusi industri 4.0. Tercatat Rp660 triliun yang disiapkan APBN 2019 diantaranya digunakan untuk mewujudkan SDM yang berkualitas.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kesiapan Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0 ditopang dengan pengalokasian instrumen fiskal dibidang peningkatan SDM antara lain bidang kesehatan dan pendidikan.

“Apbn kita atau fiscal policy kita, tidak hanya fokus pada 1 issue mendukung berbagai issue tenaga kerja kita memasuki era revolusi industri 4.0. Sdm dr sisi alokasi utk pendidikan kesehatan dan social safety net… jgn lupa kita masih punya 9.8% yang kategori miskin. Mrk tdk blh khilangan ksmpatan utk menyekolahkan anaknya karena mereka miskin. Untuk itu pkh, kartu indonesia pintar dan bidik misi digunakan utk memorong tali kemiskinan dari generasi ke generasi sehingga anak miskin memiliki kesempatan yg sama,” tutur Menkeu hari ini, Senin (14/01/19)

Sri Mulyani menyebut, pemerintah tahun ini telah menyiapkan dana sebesar Rp 660 triliun rupiah yang dialokasikan untuk pendidikan sebesar Rp495 triliun termasuk sektor kesehatan yang mencapai Rp120 triliun.

Dana itu, kata Menkeu, diharapkan dapat mewujudkan SDM berkualitas dalam menghadapi momentum revolusi industri 4.0(SA)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply