ads_hari_koperasi_indonesia_74

Pelayanan OSS Per Januari 2019 Pindah Ke BKPM

Pelayanan OSS Per Januari 2019 Pindah Ke BKPM

Jakarta, Hotfokus.com

Pelayanan perizinan usaha yang terintegrasi secara elektronik (Online Single Submission/OSS) dipastikan akan beralih di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Rencana ini akan mulai digulirkan per tanggal 2 Januari 2019 mendatang. Saat ini persiapan teknis dan segala sesuatunya terus dikebut oleh pemerintah.

“Sebenernya itu kan virtual ya, ya kita pake cloud, di sini di sana nggak ada masalah. Yang kita pindah layanan fisik kayak OSS launch di sini, per 2 Januari 2019 sudah di sana (BKPM). Sistem ITnya sudah kita siapkan, kan kameren juga sudah ada anggaran untuk BKPM,” kata Sekretaris Menko Perekonomian Susiwijono Moegiarso di kantornya, Selasa (18/12).

Ia kemudian menjelaskan, nantinya dari empat aspek OSS, yang dikelola oleh BKPM hanya berupa sistem pengoperasiannya saja. Saat ini, Kemenko Perekonomian tengah merancang peraturan sebagai salah satu aspek pelayanan OSS. Sementara aspek-aspek lainnya masih dipegang oleh Kemenko perekonomian. Pasalnya segala bentuk kebijakan harus dibentuk melalui Kemenko Perekonomian.

“Kita mau bikin omnibus law, yang regulatory reform, dari aspek proses bisnisnya kita bikin NSPK (Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria) semua Kementerian, operasional layanan, sama penyelesaian kasus-kasus,” kata dia.

Perpindahan operasional permohonan perizinan ini ditegaskannya tidak akan menganggu pelayanan kepada pelaku usaha yang tengah mengajuan izin. Menurutnya pada tanggal 26,27,28 Desember 2018 mendatang pihaknya akan mengadakan simulasi teknis terkait dengan layanan yang akan dipindahkan.

“Pak Lembong (Kepala BKPM, Thomas Lembong, luar biasa dia begitu semangat tidak ambil cuti ngrayain natal untuk persiapan ini,” pungkas dia. (DIN)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply