Jateng Siap Pasok Bawang dan Cabai DKI Sepanjang Ramadan

Jateng Siap Pasok Bawang dan Cabai DKI Sepanjang Ramadan

DEMAK — Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Suwandi, menjamin pasokan bawang merah dan cabai untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri 2018 di DKI Jakarta, aman.

Menurutnya kebutuhan bawang merah di DKI Jakarta pada Mei hingga Juni 2018 mencapai sekitar 122 ton per hari, sedangkan cabai sekitar 100 ton per hari.

Suwandi menuturkan, kebutuhan itu akan dipasok dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Timur. “Kesiapan pertanaman kami cek dan pantau ke Jawa Tengah siap memasok ke Jakarta, di antaranya Brebes, Demak, Pati, Grobogan, Magelang dan lainnya,” katanya saat mengecek kesiapan produksi bawang merah dan cabai di Jawa Tengah, Kamis (12/4).

Salah satu areal penanaman bawang merah ada di Demak dengan sebaran berada di beberapa Kecamatan Gajah, Mijen, Demak, Dempet, Wedung dan Karanganyar. “Demak luas panen bawang merah Mei 2018 nanti 1.279 hektar dengan hasil 9.713 ton setara 312 ton perhari. Ini termasuk produksi yang cukup tinggi,” ujar Ir Wibowo Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Demak. “Untuk cabai pada Mei nanti dipanen 105 hektare dengan produksi 239 ton setara pasokan 8 ton perhari,” lanjutnya.
Sementara itu di Grobogan dapat dipanen bawang merah pada lahan seluas 173 hektar dan cabai 119 hektar. Panen dapat dilakukan pada Mei hingga Juni 2018. “Dari luas panen tersebut Grobogan siap memasok bawang merah 25 ton perhari dan cabai 16 ton perhari,” ungkap Imam Sudigdo, Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan.

Kurdi, petani champion bawang merah Kabupaten Grobogan mengatakan, di daerahnya bawang merah tersebar di Kecamatan Klambu, Penawangan, Ngangringan dan Tanggungharjo.

“Produktivitas 8-9 ton per hektar dan harga di petani berkisar Rp20.000-24.000 per kilogram, para petani champion se Jawa Tengah siap memasok ke DKI dan usul agar ada lapak lapak di pasar DKI,” tegasnya.

Di Kabupaten Blora juga terdapat sentra cabai. Puji Ariyanto Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora mengatakan produktivitas bawang merah di daerahnya mencapai 10 ton per haktar dan siap memasok 6 ton per hari.

“Sedangkan untuk cabai produktivitasnya 9 ton per hektar dan siap pasok 8 ton perhari,” terangnya. (kn)

1 comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

1 Comment

  • RAHEL COHRAN
    April 16, 2018, 1:32 pm

    Halo.
    Saya Mr Rahel Cohran pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman peluang waktu hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda perlu pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak mencari lebih lanjut seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang dengan tarif 2% tanpa biaya di muka. Saya ingin menggunakan media besar ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya kemudian kembali sekarang melalui Email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, ANDA SANGAT BERTEMU.

    REPLY