BPIP Gelar Lomba Kreasi Pancasila

BPIP Gelar Lomba Kreasi Pancasila

JAKARTA — Punya kreasi tentang Pancasila? Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar Lomba Kreasi Pancasila. Kegiatan itu dilaksanakan untuk menyambut Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018.

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudi Latief mengatakan, Lomba Kreasi Pancasila terdiri atas Lomba Yel-Yel Pancasila, Lomba Meme Pancasila, Lomba Foto Instagram Pancasila, Lomba Film Pendek Pancasila, Lomba Esai Pancasila, dan Lomba Cipta Lagu Pancasila.

Yudi menjelaskan tahun ini dia ingin agar peringatan Hari Pancasila lebih bersuasana kreatif. “Jika tahun lalu dalam peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan dengan Pekan Pancasila, maka tahun ini BPIP ingin peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan mulai dari 1 Juni hingga 18 Agustus 2018,” kata Yudi dalam konperensi pers di Gedung Sayap Timur Komplek Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) Jakarta, Rabu (11/4) siang.

Pemilihan waktu 1 Juni hingga 18 Agustus menurut Yudi, karena sepanjang tanggal tersebut banyak momen historis bahwa perumusan Pancasila itu tidak sekali jadi, namun merupakan sebuah proses yang panjang. Dengan begitu semangatnya adalah semangat inklusif.

“Jadi kita ingin segala proses-proses yang menyangkut lahirnya Pancasila itu kita hargai semua momen-momen historisnya. Jadi dimulai dari kelahirannya di 1 Juni, proses di 22 Juni, dan disahkan di 18 Agustus,” jelas Yudi Latief.

Lebih lanjut, Kepala BPIP menyampaikan bahwa peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini selain bertaut dengan menjelang peringatan Hari Kemerdekaan RI, juga bertaut dengan bulan puasa dan penyelenggaraan Asian Games, serta tahun politik.

“Ditarik dari itu, BPIP mengambil satu pikiran yang diharapkan kita bisa melalui momen-momen puasa, momen-momen tahun politik, menjelang kemerdekaan, menjelang Asian Games ini bagaimana tensi dan ketegangan di ruang publik bisa didinginkan,” jelas Yudi.

BPIP, lanjut Yudi Latif, mengusulkan sebuah tema yang diharapkan mampu menjahit rangkaian kegiatan tersebut yang bertaut dengan Hari Lahir Pancasila, yaitu “Kita Pancasila: Bersatu Berbagi”.

“Tema peringatan ini melanjutkan dari tema peringatan tahun lalu, yaitu Saya Indonesia, Saya Pancasila,” tambah Kepala BPIP Yudi Latif.

Audio Visual

Untuk itu, lanjut Yudi, BPIP menggelar 6 (enam) jenis lomba, yaitu lomba Yel-Yel Pancasila, lomba Meme Pancasila, lomba foto Instagram Pancasila, lomba film pendek Pancasila, lomba Esai Pancasila, dan lomba Cipta lagu Pancasila.

Mengenai lomba Yel-Yel Pancasila, Yudi menjelaskan, bahwa tu adalah sebuah karya visual dalam bentuk video berdurasi maksimal 60 detik yang menggambarkan pemahaman, pengamalan dan dukungan terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai panduan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Meme Pancasila adalah sebuah karya visual dalam bentuk grafis karikatural berukuran standar publikasi media sosial Facebook, Twitter, dan Instagram. Foto Instagram Pancasila adalah sebuah karya fotografi jenis single-foto dalam ukuran standar publikasi Instagram yang menggambarkan pemahaman dan pengamalan terhadap nilai-nilai Pancasila.

Film pendek Pancasila adalah sebuah karya sinematografi dalam genre fiksi atau dokumenter berdurasi maksimal 3 menit yang menggambarkan pemahaman, pengamalan, dan dukungan terhadap niali-nilai Pancasila. Esai Pancasila adalah sebuah karya tulis ilmiah popular denga panjang tulisan maksimal 7 halaman, spasi 1,5, halaman kwarto. dan lomba cipta lagu Pancasila adalah sebuah karya audio dengan instrumen sederhana/akustik yang secara substansi mengandung niali-nilai Pancasila.

“Lomba-lomba ini terbuka untuk umum dan peserta dapat mulai mengirimkan karya sejak 15 April 2018 hingga 23 Mei 2018,”jelas Kepala BPIP Yudi Latif.

Semua lomba, jelas Yudi, akan dinilai oleh tim juri independen dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 30 Mei 2018pada media sosial resmi BPIP.

Info lebih lanjut mengenai Lomba Kreasi Pancasila ini dapat dilihat di Twitter BPI-Pancasila (@ukp_Pancasila) dan Instagram BPI-Pancasila (bpi_pancasila).

Tampak hadir saat keterangan pers itu di antaranya anggota pengarah BPIP Romo Benny Susetyo, serta panitia internal lomba dari BPIP. (kn)

1 comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply

1 Comment

  • RAHEL COHRAN
    April 16, 2018, 1:41 pm

    Halo.
    Saya Mr Rahel Cohran pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman peluang waktu hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan atau membutuhkan pinjaman untuk berinvestasi atau Anda perlu pinjaman untuk membayar tagihan Anda tidak mencari lebih lanjut seperti kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda menjadi sesuatu dari masa lalu. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam denominasi mata uang dengan tarif 2% tanpa biaya di muka. Saya ingin menggunakan media besar ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya kemudian kembali sekarang melalui Email (rahelcohranloan@gmail.com) untuk lebih jelasnya, ANDA SANGAT BERTEMU.

    REPLY