Arcandra Berikan Tips Menjadi Pemimpin

Arcandra Berikan Tips Menjadi Pemimpin
JAKARTA — Wakil Menteri ESDM Arcandra membagikan trik dan tips penting tentang pemimpin dan kepemimpinan. Dalam Forum Achievement Motivation yang diselenggarakan oleh BPH Migas, Arcandra menjelaskannya dengan melemparkan pertanyaan kepada peserta.
“Siapa yang percaya leader itu diciptakan? Atau siapa yang percaya leader itu tercipta? Kalau mau jadi leader yang harus ada adalah punya positive energy, can do attitude. Yes I can. Beda dengan yes man. Able to energize other,” ujarnya, beberapa waktu lalu.
Arcandra memberi analogi, bagaimana jika Ronaldo (pemain sepak bola asal Portugal di klub Real Madrid, Spanyol) tidak bisa membangkitkan semangat atau memberi energi pada rekan-rekan satu timnya. “Seorang leader harus mampu mengatakan iya, dan percaya pada yang kamu lakukan,” tegasnya. Arcandra juga berpesan saat kita melakukan sesuatu “Tulis apa yang kamu kerjakan, kerjakan apa yang kamu tulis,” tambah Arcandra.
Tidak hanya mendengarkan pemaparan, peserta yang hadir juga tampak memanfaatkan dengan baik saat mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan.
Salah satu pertanyaan menarik yang dilontarkan pada Arcandra, apakah human capital memungkinkan diterapkan di pemerintahan? Arcandra pun menjelaskan bahwa human capital tidak bergantung dengan sektor tempat sesorang bekerja, baik swasta maupun pemerintahan.
“Yang penting value-nya. Human capital itu bisa menjadi orang yang the most valuable player. Ada value creation yang kita buat untuk organisasi kita,” jawab Arcandra.
Tak lupa Arcandra memberi penekanan bahwa setiap orang, siapa pun dan dimana pun, dapat melakukan improvisasi untuk menjadi human capital. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply