ads_hari_koperasi_indonesia_74

GBK Dirusak, Menteri PUPR Mewek

GBK Dirusak, Menteri PUPR Mewek

JAKARTA — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menangis saat melihat perilaku penonton pertandingan final turnamen sepakbola Piala Presiden 2018 antara Persija Jakarta melawan Bali United, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, yang melalukan perusakan sejumlah fasilitas.

“Saat kejadian, saya sedang berada di Yogyakarta. Saya lihat melalui media, saya menangis karena renovasi venues dan kompleks GBK (Gelora Bung Karno) membutuhkan perjuangan yang tidak mudah,” kata Basuki saat mengecek fasilitas Stadion Utama GBK yang mengalami kerusakan, di Senayan, Jakarta, Senin (19/2) pagi.

Kerusakan terjadi di tribun penonton. Massa merobohkan pagar akrilik. Massa juga melakukan perusakan di Zona 9. Kini akibat ulah itu pintu di tempat itu dalam keadaan rusak. Selain itu, banyak tanaman yang berada di area taman juga dirusak. Dari 4,8 juta hektar taman, menurut Basuki Hadimuljono, kerusakan mencapai 80 persen.

Dijelaskannya pula bahwa renovasi venue dan penataan kawasan GBK dibiayai dengan menggunakan pajak yang dihimpun dari masyarakat.

Mengenai kesiapan Kompleks GBK menyongsong Asian Games yang akan dibuka pada 18 Agustus 2018, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengemukakan, saat ini seluruh venues sudah selesai dan siap untuk diresmikan oleh Presiden atau Wakil Presiden.

Dalam masa pemeliharaan, Kementerian PUPR terus melakukan monitoring dan perbaikan terhadap berbagai fasilitas pendukung venue di GBK. Salah satunya adalah untuk memastikan tidak terjadi genangan saat hujan deras.

“Kami monitor terus termasuk saat test event atau hujan yang terjadi. Ini kesempatan bagi kami untuk memperbaiki sistem drainase kawasan” jelas Basuki. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply