ads_hari_koperasi_indonesia_74

Penasaran Tenun Baduy, Istri JK Datangi Kanekes

Penasaran Tenun Baduy, Istri JK Datangi Kanekes

 

BANTEN — Saking penasaran dengan kain tenun khas Suku Baduy, Mufidah Jusuf Kalla akhirnya mendatangi Desa Kanekes. Desa itu merupakan sentra produksi Tenun Baduy di Provinsi Banten.

Kesempatan untuk mengunjungi Desa Kanekes terbuka ketika istri Wakil Presiden Jusuf Kalla itu melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Banten untuk melihat lebih dekat kinerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) setempat, beberapa waktu lalu.

Kedatangan rombongan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Mufida Jusuf Kalla disambut Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Banten, Niniek Wahidin Halim, di Museum Negeri Banten atau eks pendopo lama kantor Bupati Serang.

Mufidah datang bersama rombongan pengurus Dekranas yang merupakan istri sejumlah menteri Kabinet Kerja yakni Erni Tjahjo Kumolo, Rini Rudiantara, Yantie Isfandiary Airlangga, Peggy Enggartiasto, Bintang Puspayoga, Ratna Sofyan Djalil, dan Nora Ryamizard serta para rombongan.

Dalam sambutannya Mufidah mengutarakan harapan agar Dekranasda Provinsi Banten bisa membantu masyarakat perajin di daerah itu untuk meningkatkan kualitas produk. Tujuannya agar penjualan produk kerajinan Banten dapat meningkat dengan kualitas yang baik. Hal ini berarti bisa meningkatkan kesejahteraan ekonomi para pelaku pengrajin.

“Saya datang ke sini ingin melihat lebih dekat hasil kerajinan Provinsi Banten, khususnya Tenun Baduy yang memang sudah mulai dikenal di masyarakat luas namun masih memerlukan peningkatan kualitas produk,” kata Mufidah.

Niniek Wahidin Halim yang juga istri Gubernur Banten, mengatakan bahwa potensi kerajinan daerahnya sangat besar. Saat ini, lanjutnya, Banten memiliki batik yang juga telah dikenal secara luas, yakni Batik Banten. Niniek juga mengungkap bahwa Banten mempunyai batu akik Kalimaya yang dapat dikreasikan hingga memiliki nilai ekonomi sangat tinggi.

Dalam acara itu digelar pula dialog antara Mufidah Jusuf Kalla dengan para perajin dan anggota Dekranasda Banten. Digelar pula pameran berbagai produk kriya khas Banten.

Setelah berbagai acara usai, barulah Mufidah memiliki kesempatan menuju Kampung Kanekes untuk melihat dari dekat produksi kain tenun yang membuatnya penasaran selama ini.

Tiba di Kanekes, Mufidah disambut hangat penduduk Suku Baduy. Setelah melihat proses penenunan dan gelaran hasil kerajinan warga setempat, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla itu menyerahkan bantuan sembako untuk warga Baduy. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply