ads_hari_koperasi_indonesia_74

Berkat Pertamina, Mangrove Jadi Kuliner

Berkat Pertamina, Mangrove Jadi Kuliner

INDRAMAYU — Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitu agaknya yang dirasakan masyarakat Karangsong, Kabupaten Indramayu. Pemberdayaan Pertamina RU VI Balongan terhadap masyarakat setempat, kini dirasakan faedahnya. Seperti dialami kelompok tani Jaka Kencana.

Pemberdayaan Pertamina RU VI Balongan terhadap masyarakat Karangsong meliputi pengolahan mangrove menjadi beberapa jenis produk hidangan. Kegiatan itu merupakan lanjutan dari upaya pelestarian lingkungan hutan mangrove di tempat yang sama.

Kini kelompok Jaka Kencana mampu memproduksi kecap, sirup, teh, kopi, dodol, dan rempeyek. Oleh kelompok tersebut mangrove disulap menjadi bedak dan lulur yang bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

Aneka produk yang dihasilkan masyarakat itu kini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke hutan mangrove Karangsong.

Para wisatawan dengan mudah memperoleh kuliner khas mangrove itu di Rumah Berdikari (Rukari) yang juga difasilitasi Pertamina RU VI.

Rukari menjadi pusat aktivitas warga desa dalam mengolah makanan serta menjadi base camp bagi para pemandu wisata yang akan menemani pengunjung menikmati ekowisata di Karangsong. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply