ads_hari_koperasi_indonesia_74

Ciptakan Motal, Aipda Anang Dipuji-puji Jokowi

Ciptakan Motal, Aipda Anang Dipuji-puji Jokowi

JAKARTA — Seorang anggota Bhabinkamtibmas Banjarmasin Tengah, Kalimantan Selatan, mendadak mendapat perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di hadapan peserta Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/2), Jokowi bahkan tak segan-segan memuji Aipda M Anang Rofiq, anggota Bhabinkamtibmas itu.

Menurut Jokowi, Anang merupakan contoh petugas lapangan yang memiliki kecerdasan. Untuk mengatasi kebakaran hutan di daerah kerjanya, anggota Polri itu memodifikasi motor pribadi menjadi kendaraan pemadam kebakaran. Anang memberi nama motor modifikasi itu sebagai Motal.

Kebakaran hutan dan lahan kerap terjadi di wilayah Banjarmasin. Sering terjadi area kebakaran sulit dijangkau mobil pemadam. Hal itulah yang menyebabkan Anang memutar otak mencari ide agar dapat menangani kebakaran di tengah hutan.

Aipda Anang menuturkan, ide modifikasi Motal didapatkan setelah di Youtube dia melihat video seorang petani mengairi sawah menggunakan alat pompa air yang dihubungkan ke sepeda motor.

“Saya punya sepeda motor yang tidak terpakai di rumah, jadi kenapa tidak saya pakai untuk itu,” ia menjelaskan.

Sama halnya dengan Presiden Joko Widodo yang mengajak semua pihak untuk berinovasi, Aipda Anang pun secara khusus mengajak para anggota Bhabinkamtibmas untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Setiap hari, setiap apel, ciptakan motivasi agar para anggota termotivasi untuk menciptakan alat yang berguna terutama bagi kebakaran hutan dan lahan,” ucapnya.

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh sejumlah kepala daerah dan perangkat kepolisian serta TNI dari masing-masing daerah. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply