ads_hari_koperasi_indonesia_74

Ridwan Kamil Akan Berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum

Ridwan Kamil Akan Berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum

JAKARTA — Empat partai berkoalisi untuk mengusung pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat tahun 2018. Keempat partai koalisi adalah Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Kesepakatan mendukung pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum dicapai setelah pimpinan keempat partai melakukan pertemuan di Jakarta, Sabtu (6/1) malam. Hadir dalam pertemuan itu Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Desk Pilkada DPP PKB Daniel Johan, dan Ketua Bappilu Partai Nasdem Enggartiasto Lukita.

Koalisi empat partai menghasilkan kekuatan yang mampu memenuhi syarat minimal 20 kursi di DPRD Jawa Barat untuk dapat mengajukan pasangan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur. Karena itu dalam waktu dekat pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sesuai kesepakatan pula, hari ini partai-partai anggota koalisi mengeluarkan rekomendasi kepada pasangan itu. Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum direncanakan melakukan road show untuk menjemput rekomendasi dari koalisi.

Dikutip dari wikipedia.org, H Mochamad Ridwan Kamil ST MUD adalah arsitek dan dosen tidak tetap di Institut Teknologi Bandung (ITB) sebelum menjadi Walikota Bandung periode 2013-2018. Pada 2013 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) mencalonkan Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sebagai calon Walikota Bandung berpasangan dengan Oded Muhammad Danial sebagai wakil.

Pasangan Ridwan Kamil-Oded Muhammad Danial meraih 45,24 persen suara dalam Pilkada Kota Bandung yang diikuti 8 pasangan. Kemenangan mengantarkan pasangan itu menduduki kursi Walikota Bandung dan Wakil Walikota Bandung.

Sedangkan laman uuruzhan.com mencatat, H. Uu Ruzhanul Ulum, SE dua periode memimpin Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Dia mulai menduduki kursi bupati sejak tahun 2011 saat memenangkan Pilkada Tasikmalaya berpasangan dengan Ade Sugianto.

Sebelumnya kelahiran Tasikmalaya 10 Mei 1969 itu Anggota DPRD Tasikmalaya periode 1999-2004, Ketua DPRD Tasikmalaya tahun 2004-2009, dan kembali menjadi anggota DPRD Tasikmalaya periode 2009-2011.

Uu juga pernah menjadi pelindung KONI Tasikmalaya tahun 2010-2016, juga pembina Pengcab PSSI Tasikmalaya tahun 2011-2015. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply