ads_hari_koperasi_indonesia_74

Harga Cabai Turun Pasca Operasi Pasar

Harga Cabai Turun Pasca Operasi Pasar

JAKARTA — Satgas Pangan Polri menemukan setidaknya tiga jenis bahan pokok mengalami kenaikan harga di pasaran. Ketiganya adalah cabai, daging, dan telur ayam.

Wakil Kepala Satgas Pangan Polri, Brigjen Pol Agung Setya, mengatakan bahwa sebelum tanggal 21 Desember 2017 harga cabai merah besar dan keriting melonjak hingga mencapai Rp 30 ribu per kilogram. “Setelah dilakukan intervensi dengan cara pengecekan dan klarifikasi ke pengepul cabai, harga dapat diturunkan ke kisaran Rp 20 ribu per kilogram,” ungkapnya, Rabu (27/12).

Satgas Pangan juga menemukan daging sapi dan kerbau beku yang dicairkan lalu dijual dengan harga daging segar Rp 100 ribu hingga Rp 110 ribu per kilogram. Terhadap komoditas ini pun Polisi melakukan normalisasi harga.

Di lapangan juga ditemukan produsen daging ayam broiler dan telur ras yang menaikkan harga tidak sesuai acuan. Harga acuan, berdasarkan harga eceran tertinggi (HET) telur ras adalan Rp 18 ribu per kilogram. Di pasaran telur ras dijual seharga Rp 22 ribu per kilogram.

Sedangkan HET daging ayam Rp 18 ribu per kilogram, namun di pasaran berlaku harga Rp 20 hingga Rp 22 ribu. Kenaikan itu menimbulkan dampak pada harga di tingkat konsumen mencapai Rp 34 ribu per kilogram.

Atas temuan-temuan itu, Agung Setya mengatakan akan dilakukan penyelidikan mendalam bersama dengan Satgas dari Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *