Polisi Bagi Tips Rumah Aman Saat Liburan

Polisi Bagi Tips Rumah Aman Saat Liburan

JAKARTA — Ingin menikmati libur akhir tahun tapi khawatir rumah jadi sasaran empuk penjahat? Ini tips yang dibagikan Kepolisian melalui laman resminya.

Kepolisian mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Sebab libur panjang kerap dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk beraksi. Rumah yang ditinggal pemiliknya berlibur dapat dijadikan sasaran empuk mereka.

Berikut tipsnya :

1. Pastikan semua pintu rumah dan jendela sudah terkunci.

2. Bicara dengan tetangga yang tidak mudik atau RT/RW untuk menitipkan rumah selama ditinggalkan pergi.

3. Jaga kunci rumah selalu di tangan pemilik, dan jangan menitipkan kunci rumah kepada orang lain yang bukan keluarga.

4. Jauhkan barang-barang elektronik dari tempat yang mudah terlihat dan mencolok perhatian orang-orang. Gunakan tirai untuk menutupinya sehingga orang-orang luar yang tidak berkepentingan tidak bisa melihat.

5. Matikan semua alat kelistrikan dan cabut selang gas dari kompor untuk menghemat listrik dan mencegah adanya arus pendek yang bisa memicu kebakaran.

6. Nyalakan lampu di beberapa bagian dalam rumah, seperti di kamar atau di ruang tamu, untuk memberi kesan kalau rumah tidak ditinggal dalam keadaan kosong.

7. Jangan meninggalkan rumah dalam kondisi kotor dan berantakan, rapihkan semua ruangan rumah sebelum pergi.

8. Jika mempunyai anggaran lebih, pasang alarm untuk mencegah masuknya penjahat ke rumah. Gunakan timer untuk lampu agar memberi kesan rumah seperti ada yang mematikan dan menyalakan lampu.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu menjaga keamanan rumah masing-masing, jangan berikan kesempatan pada para pelaku kejahatan. (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply