ads_hari_koperasi_indonesia_74

Peringati HUT ke-60 Pertamina Luncurkan Road to Euro

Peringati HUT ke-60 Pertamina Luncurkan Road to Euro

JAKARTA — Memperingati HUT ke-60, PT Pertamina (Persero) menegaskan komitmennya dalam berkontribusi untuk masa depan Indonesia dengan memproduksi produk bahan bakar minyak (BBM) berstandar internasional dan sistem layanan modern berbasis digital. Komitmen Pertamina tersebut ditandai dengan peluncuran Pertamax Turbo dengan spesifikasi baru serta beberapa produk inovasi pelayanan pelanggan, yang terangkum dalam acara Pertamina Commitment Exhibition: Fuelling Indonesia’s Digital Future, diadakan pada 20 Desember 2017 di SPBU Pertamina 31.126.01, Jalan Raya Lenteng Agung Timur No. 8, Jakarta.

Sebagai penyedia bahan bakar di Indonesia yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap lingkungan dan kualitas hidup manusia, Direktur Pemasaran Pertamina Muchamad Iskandar mengatakan daya saing Pertamax Turbo meningkat dengan adanya spesifikasi baru menuju standar Euro 4. “Sesuai dengan tuntutan era teknologi mesin dan aspek kepedulian Pertamina terhadap lingkungan yang lebih baik,” pungkasnya.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, menambahkan saat ini Pertamina siap memasarkan Pertamax Turbo hasil produksi kilang Refinery Unit (RU) VI Balongan dengan kualitas lebih baik menuju standar Euro 4.

“Kami secara bertahap akan terus berusaha mencapai standar BBM kualitas Euro 4 sebagaimana yang telah diterapkan di negara Eropa. Pertamax Turbo memiliki kualitas tinggi dengan RON 98 dan kandungan sulfur lebih rendah mencapai maksimal 50 parts per million (ppm). Kandungan sulfur yang semakin rendah, maka dampak negatif dari emisi yang dihasilkan juga akan semakin rendah,” kata Adiatma.

Spesifikasi baru Pertamax Turbo telah dibuktikan melalui uji emisi yang dilakukan oleh LAPI ITB yang mengindikasikan bahwa Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru ini dapat mengurangi kadar Carbon Monoxide (CO), Hydrocarbons (HC) dan Nitrogen Oxides (NOx). Upaya Pertamina dalam memenuhi standar tersebut, serta meningkatkan kualitas udara di Indonesia dengan mengurangi emisi gas buang demi kesehatan masyarakat Indonesia, diusung dengan kampanye “Road to Euro IV”.

“Pertamax Turbo menjadi BBM andalan Pertamina. Produk dengan spesifikasi terbaik yang saat ini hanya didistribusikan Pertamina di Indonesia,” katanya.
Dengan memproduksi Pertamax Turbo, lanjut Adiatma, Pertamina bertekad mempercepat penggunaan BBM berstandar internasional. Saat ini, Pertamina akan memperluas pasar Pertamax Turbo di sejumlah wilayah di Indonesia.

Saat ini, Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru dapat ditemukan secara bertahap pada SPBU di wilayah Jabodetabek, Banten, dan Jawa Barat untuk selanjutnya juga akan dijual di seluruh Indonesia secara bertahap.(ACB)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *