ads_hari_koperasi_indonesia_74

BPJT Bakal Tata Angkot di Jabodetabek

BPJT Bakal Tata Angkot di Jabodetabek

Jakarta, hotfokus.com

Untuk memperbaiki performa angkota perkotaan (angkot), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana merestrukturisasi pengelolaan angkutan perkotaan di Jabodetabek. Menurut Kepala Sub Direktorat Evaluasi Program Direktorat Perencanaan Dan Pengembangan BPTJ Sugianto Kepala Sub Direktorat Evaluasi Program Direktorat Perencanaan Dan Pengembangan BPTJ Sugianto, restrukturisasi angkot demi mengarahkan angkutan umum menjadi angkutan feeder untuk angkutan utama seperti kereta rel listrik (KRL), Transjakarta maupun Transjabodetabek. “Kedepannya kita berharap agar performa angkot dapat meningkat,” ujarnya di Jakarta, Rabu (22/11).

Ia mengatakan, restrukturisasi angkot ini diperlukan mengingat banyaknya permasalahan klasik seputar angkot yang terus menerus terjadi.

Misalnya saja, kata dia, selama ini pengelolaan angkot dilakukan perorangan, sehingga tidak ada standar pelayanan yang baku.

“Tidak adanya standar pelayanan baik dari segi fisik angkutan, maupun jadwal pelayanan ini membuat keberangkatannya suka-suka, tidak terjadwal dan cenderung makin lama karena harus menunggu penuh,” ujar dia.

Selain itu, saat ini terjadi penurunan jumlah penumpang akibat persaingan, mengakibatkan pengemudi akan lebih sering berhenti untuk mendapatkan penumpang dan waktu tempuh penumpang menjadi semakin lama.

Padahal, penurunan jumlah penumpang akan berimbas pada penurunan pendapatan pengemudi. Kondisi ini pun membuat pemgemudi tampak malas-malasan melayani penumpang serta biaya pemeliharaan menjadi minim sehingga sulit untuk memenuhi Standard Pelayanan Minimum (SPM) dan sulit melakukan peremajaan.

“Persaingan dengan kendaraan pribadi terutama sepeda motor serta meningkatnya jumlah angkutan online juga menjadi akar permasalahan yang menyebabkan semakin sedikit minat orang menggunakan angkot,” pungkasnya. (hel)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *