ads_hari_koperasi_indonesia_74

Ini Trik Liburan ke Luar Negeri Meski Gaji 2 Jutaan

Ini Trik Liburan ke Luar Negeri Meski Gaji 2 Jutaan

Jakarta, hotfokus.com

Punya gaji 2 jutaan rupiah tapi bisa melancong ke luar negeri, mengapa tidak?

Dulu Napoleon Bonaparte mengatakan, tidak ada yang tidak mungkin meski tidak ada yang mudah. Semua tergantung trik. Begitu juga berliburan ke luar negeri meski gaji 2 jutaan rupiah. Hipwee Travel membagikan triknya. Bagaimana?

1. Bagi Gaji jadi 5

Li Ka Shing, miliarder asal Hongkong, menganjurkan cara ini. Begitu terima gaji, langsung bagi dan masukkan ke dalam 5 amplop. Amplop pertama diisi dengan 30 persen gaji untuk biaya kebutuhan sehari-hari. Amplop kedua sebanyak 20 persen untuk biaya sosial dan pertemanan. Sebanyak 15 persen untuk pendidikan entah kursus, les, atau biaya kuliah doktoral.

Amplop keempat untuk biaya liburan sebanyak 10 persen dari gaji. Terakhir untuk investasi sebesar 25 persen, bisa juga untuk cicilan kendaraan atau rumah.

Jika gaji berjumlah Rp 2,5 juta maka jatah liburan menjadi Rp 250 ribu sebulan. Dalam setahun jumlah itu menjadi Rp 3 juta.

2. Pilih Low Season

Berlibur ke luar negeri di awal tahun, ketika terjadi low season, tiket pesawat pun murah. Apa lagi kalau dapat tiket promo.

Low season berarti saat jarang orang bepergian. Di awal tahun biasanya orang lebih suka berkumpul bersama keluarga.

Saat low season, harga tiket pesawat ke luar negeri bisa mencapai ratusan ribu rupiah saja. Tiket promo juga banyak, asal rajin mencari, mungkin beruntung dapat tiket seharga Rp 500 – 700 ribu pulang-pergi ke luar negeri.

Dengan sisa dana liburan Rp 2,3 juta, bisa kok menikmati waktu santai di Singapura, Malaysia, bahkan Thailand. Apa lagi kalau bisa menabung lebih banyak, maka Nepal, China, atau keliling ASEAN pun bukan mustahil.

3. Kencangkan Ikat Pinggang

Orang Jawa bilang, jer basuki mawa beya. Dapat diartikan sebagai, semua keinginan layak diperjuangkan. Keinginan yang baik tentu saja. Agar dapat piknik ke luar negeri, sebaiknya kurangi alokasi hiburan seperti nonton maupun jajan.

Cara ini dapat menambah jumlah tabungan untuk membiayai liburan ke luar negeri. Kalau dalam sebulan biaya entertainment bisa diirit hingga Rp 150 ribu, dalam setahun diperoleh jumlah Rp 1,8 juta. Dengan jumlah tambahan sebanyak itu, liburan ke luar negeri jadi tambah seru. Bahkan bisa pulang sambil membawa oleh-oleh atau cinderamata.

4. Manfaatkan Panduan Backpacker

Panduan backpacker ke luar negeri akan membuat liburan minim biaya, tapi tidak mengurangi kesenangan berwisata.

Sejumlah informasi di dunia maya banyak menyediakan panduan backpacker ke Singapura, Malaysia, bahkan Maldives.

Memang bikin repot sedikit, tapi demi liburan murah, mengapa tidak? Kesenangan yang diperoleh dalam liburan niscaya menghapus semua kerepotan mencari informasi tentang panduan backpacker.

5. Lebih Baik Ramai-ramai

Liburan berombongan ternyata lebih murah ketimbang sendirian. Maka, ajaklah teman-teman berwisata ke luar negeri.

Berwisata sendirian, tentu saja lebih mahal, karena semua biaya harus ditanggung sendiri. Kalau berombongan, biaya hotel misalnya bisa ditanggung bersama, menggunakan cara patungan. Begitu juga ongkos kendaraan.

Nah, caranya sudah tahu. Sekarang saatnya merencanakan liburan ke luar negeri. Mau kemana? (kn)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *