ads_hari_koperasi_indonesia_74

Gunung Agung Belum Meletus, Jangan Percaya Hoax

Gunung Agung Belum Meletus, Jangan Percaya Hoax

Jakarta, hotfokus – Di tengah kecemasan menghadapi kemungkinan meletusnya Gunung Agung di Karangasem, Bali, beredar kabar bohong yang menyebut gunung itu telah meletus.

Kepala Pusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memastikan kabar tersebut merupakan hoax alias kabar bohong.

“Masyarakat diimbau tidak percaya dan menyebarkan berita yang menyesatkan karena letusan gunung tidak dapat diprediksi pasti,” kata Sutopo di Jakarta, Senin (25/9), sebagaimana dilaporkan Antara.

Kabar bohong yang menyebut Gunung Agung telah meletus, dapat memicu kepanikan masyarakat dan dapat mengganggu upaya BNPB.

Saat ini, kata Sutopo, Gunung Agung menunjukkan tanda-tanda akan mengalami erupsi. BNPB sigap melakukan antisipasi dengan memobilisasi masyarakat di sekitar gunung.

Gunung Agung meletus terakhir kali pada 1963, yaitu pada kurun 18 Februari-Januari 1964. Dampak letusan saat itu menyebabkan 1500 jiwa tewas, 1.700 rumah hancur, 225.000 jiwa kehilangan mata pencaharian dan 100.000 jiwa mengungsi. (ken)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Cancel reply