ads_hari_koperasi_indonesia_74

200 RELAWAN SUMBAR SIAP TARUNG DI MYANMAR

200 RELAWAN SUMBAR SIAP TARUNG DI MYANMAR

PADANG, HOTFOKUS – Sebanyak 200 relawan dari Sumatera Barat tinggal menunggu diberangkatkan ke Myanmar untuk membantu Muslim Rohingya yang jadi korban kekerasan. Sebelumnya mereka mendaftarkan diri untuk berangkat ke Myanmar melalui Forum Masyarakat Minangkabau (FMM).

“Kita membuka pendaftaran sejak Senin (4/9) di Hotel Nabawi Jalan Veteran Kota Padang, hingga hari ini sebanyak 200 orang telah mendaftar sebagai relawan kemanusiaan dan jihad untuk membatu etnis Rohingya,” kata Wakil Ketua FMM Irfianda Abidin di Padang, Kamis (7/9) sebagaimana dilaporkan ANTARA.

Dijelaskannya pula, pemberangkatan relawan dilakukan setelah jumlah yang mendaftar dianggap cukup.

Saat ini tiga relawan FMM telah berada di Myanmar. Sebanyak 26 orang akan diberangkatkan minggu depan.

Ketua Panitia Pendaftaran Relawan dan Mujahid FMM Abu Fatahillah mengatakan para relawan kemanusiaan nantinya akan membantu pengungsi dalam memperbaiki mental dan spiritual mereka yang menjadi korban kekerasan.

“Banyak organisasi yang telah memberikan bantuan berupa membuat sekolah dan rumah sakit darurat, namun kami akan mengirim relawan dan mujahid yang siap bertempur di sana,” kata dia.

Selain memberangkatkan relawan, Irfianda Abidin mengatakan, FMM juga menerima donasi. “Kami juga membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin memberikan donasi kepada Muslim yang ada di Rohingya,” katanya.

Pada Jumat (8/9) besok, FMM berencana menggelar “Aksi Solidaritas Bela Muslim Rohingya”, mulai sejak Nurul Iman menuju kantor Gubernur Sumatera Barat di Kota Padang.

“Kita akan melakukan aksi jalan, orasi serta pengumpulan donasi untuk membantu saudara Muslim di Myanmar,” terang Irfianda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *