ads_hari_koperasi_indonesia_74

Kembangkan Kawasan Pulau Bira, Patra Jasa Inveatasi Rp 350 M

Kembangkan Kawasan Pulau Bira, Patra Jasa Inveatasi Rp 350 M

Jakarta, hotfokus.com

SVP Strategic Planning Patra Jasa Teddy Kurniawan Gusti mengungapkan, bahwa untuk mengembangkan kawasan wisata Pulau Bira, Kepulauan Seribu, Jakarta, pihaknya membutuhkan Investasi sekitar Rp 350 miliar.

“Dan untuk tahap awal ini kita sudah serap Rp 30 miliar. Ma­kanya kita perlu partner strategic lainnya yang kompeten bangun pariwisata island (pulau). In­vestasi yang tahap tiga itu lebih besar. Target selesai semuanya di pertengahan 2020,” katanya dalam siaran persnya yang diteima realita.news di Jakarta hari ini.

Menurutnya, untuk tahap pertama pembangunan hunian di Pulau Bira ditargetkan selesai pada akhir tahun untuk satu klaster. “Satu klaster itu rumah per­contohan hanya bangun 6 sam­pai 8 unit. Paling cepat semester tahun depan lah. Total kan 120 unit yang akan dibagi tiga tahap. Tahap pertama sekitar 30 vila, tahap dua 40-50 unit sisanya tahap tiga,” papar Teddy.

Nantinya, lanjut dia, kawasan tersebut akan dilengkapi dengan restauran, hunian private dan ada juga mess dengan rate harga yang lebih terjangkau. Di­sisi lain, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan perusahaan kontraktor pelat merah lainnya untuk membangun Kepulauan Bira ini.

Dalam pengembangan di Pu­lau Bira, pihaknya juga mengajak masyarakat Kepulauan Seribu disekitar sebagai mitra untuk mendukung dan meningkat­kan ekonomi mereka sehingga masyarakat sekitar area pengem­bangan Pulau Bira dapat lebih meningkat kesejahteraannya.

Saat ini, Hotel dan Resorts yang dimiliki Patra Jasa terdiri dari Hotel bintang lima, The Pa­tra Bali Resort and Villas, Hotel bintang empat, Patra Semarang Hotel & Convention, kemu­dian Hotel-hotel lainnya memi­liki fasilitas Hotel bintang tiga, yaitu, Patra Comfort Jakarta, Patra Comfort Anyer, Patra Comfort Bandung, dan Patra Comfort Parapat serta beberapa pengembangan hotel lainnya.

“Masih ada beberapa Hotel berbintang lainnya yang akan segera dioperasikan seperti di Cirebon, Labuan Bajo, Du­mai, Yogyakarta dan Kawasan Borobudur,” tutupnya.

Sebelumnya Direktur Utama Patra Jasa M Haryo Yunianto mengatakan, keterlibatan Patra Jasa dalam pengembangan Pulau Bira sebagai destinasi wisata tidak lepas dari upaya anak usaha PT Pertamina (Persero) tersebut dalam mendukung Program Pariwisata Pemerintah di Kepu­lauan Seribu.

“Kami memilih Pulau Bira karena memiliki banyak daya tarik, di antaranya lokasi yang relatif dekat dengan Ja­karta, pantai yang indah dan air laut yang jernih,” katanya melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (22/8).

Selain itu, kata dia, waktu tempuh dari Jakarta ke pulau yang akan dibangun kawasan resorts terpadu seluas 30 hektare (ha) itu  hanya sekitar dua jam perjalanan dengan kapal ukuran sedang dan Pulau Bira juga memiliki sumber mata air tawar yang tentunya menjadi keung­gulan pengembangan destinasi wisata baru di Kepulauan Seribu. Untuk itu, rencana pengemban­gan Pulau Bira akan dilaksana­kan dalam beberapa tahap.

“Tahap pertama kita lakukan perbaikan infrastruktur dan membangun beberapa tempat akomodasi yang diharapkan da­pat rampung pada pertengahan tahun depan,” ujarnya.

Sedangkan tahap selanjutnya, anak perusahaan PT Pertamina ini akan memgembangkan Pulau Bira dengan pembangunan bisnis hospitality dan akan dikelola oleh Patra Hotel & Resorts.(sar)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *