ads_hari_koperasi_indonesia_74

Tambah Satu Rute Baru ke Maluku, Pelni Kini Layani 7 Trayek Tol Laut

Tambah Satu Rute Baru ke Maluku, Pelni Kini Layani 7 Trayek Tol Laut

Jakarta, HotFokus.com

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor pelayaran, PT Pelni (Persero) menambah satu lagi slot rute pelayaran tol laut dari Surabaya – pulau Kisar – Namrole – Tanjung Perak. Dengan akan mulai beroperasinya pelayaran rute tersebut besok, Selasa (15/8),  maka Pelni nantinya akan memegang 7 rute pelayaran tol laut dari total 13 rute pelayaran tol laut yang ada.

“Trayek T9 dari Surabaya Tanjung Perak ke Kisar, Kisar itu di Maluku Barat daya kemudian ke Namrole wilayah Ambon, dengan adanya satu trayek T- 9 ini Pelni sudah mendapat 7 penugasan, sebelumnya 6 penugasan 6 trayek dan pelni saat ini memiliki 7 kapal,” ujar Manager PR dan CSR PT Pelni (Persero) Akhmad Sujadi di Jakarta, Senin (14/8).

Sujadi mengatakan, penambahan trayek kapal laut ini dianggap sebagai langkah maju untuk mendorong arus distribusi barang, terlebih dua pulau di Maluku yang merupakan tujuan pelayaran itu memang sangat membutuhkan angkutan barang untuk mengangkut hasil bumi yang dihasilkan di dua daerah itu.

“Jadi memang ini untuk keperluan sehari-hari dan memasarkan hasil laut di sana seperti ikan dan rumput laut, serta hasil peternakan seperti sapi dan kerbau,” jelasnya.

Pelni sendiri, kata Sujadi, akan mengoperasikan KM Caraka Jaya Niaga III – 32 dengan kapasitas angkut 115 kontainer 20 Feet. Adapun surat penugasan penyelenggaraan pelayanan publik untuk angkutan barang di laut tahun 2017 dari Kemenhub tertuang dalam surat Dirjen Perhubungan laut Nomor. PR.101/III/15/OA-2-17 tanggal 25 Juli 2017 trayek T-9 dari Tanjung Perak-Kisar (896 mile) Namrole-Kisar (308 mile) dan Kisar-Tanjung Perak (896 mile). (SNU)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *