ads_hari_koperasi_indonesia_74

Pemerintah Optimis Dana Desa Masih Efektif Turunkan Ketimpangan

Pemerintah Optimis Dana Desa Masih Efektif Turunkan Ketimpangan

Jakarta, HotFokus.com

Dana desa serta pembangunan infrastruktur saat ini masih menjadi senjata utama pemerintah untuk mengurangi angka ketimpangan antar wilayah dan antar kelompok pendapatan. Penggunaan dana desa yang tepat, misalnya untuk pembangunan infrastruktur dasar seperti air bersih atau sanitasi wilayah, diyakini bisa meningkatkan kualitas hidup rumah tangga. Hal inilah yang kemudian dipercaya bisa mengikis angka ketimpangan sosial di masyarakat.

“Dana desa itu lebih efektif untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah yang mungkin akan berpengaruh terhadap ketimpangan antar kelompok pendapaan,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Senin (7/8).

Bambang merinci, penggunaan dana desa sesuai dengan surat keputusan bersama antar Menteri, ada dua penggunaan utama, yaitu untuk pembangunan infrastruktur dasar, kemudian yang kedua adalah untuk pemberdayaan masyarakat. Menurut dia jika kedua hal ini bisa berjalan sesuai rencana, diyakini angka ketimpangan bakal menurun.

“Kalau ditanya bagaimana dampaknya, saya melihat, pembangunan infrastrukturnya ini kan levelnya infrastruktur dasar, termasuk air bersih dan sanitasi, maka dia akan berkontribusi terhadap kemiskinan dan ketimpangan meskipun tidak langsung,” ujar Bambang.

Kemudian, lanjut dia, pemberdayaan dari masyarakat itu sendiri akan memperbaiki aset rumah tangga dari segi sumber daya manusia maupun pendapatan rumah tangga. “Jadi kita dorong agar desa-desa itu punya usaha yang basisnya adalah rumah tangga pedesaan tersebut. Jadi nanti tidak adalagi dominasi pendidikan di satu desa, tapi lebih merupakan kepemilikan desa,” tuturnya.

Untuk pemberdayaan masyarakat desa, masih Bambang, setidaknya ada dua cara, yakni melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) maupun dengan cara Koperasi. “Kalau kami di Bappenas lebih suka dengan cara Koperasi,” pungkasnya. (SNU)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *