ads_hari_koperasi_indonesia_74

Bahan Baku Vaksin Dari Sinovac Sudah Mulai Diproduksi Bio Farma

Bahan Baku Vaksin Dari Sinovac Sudah Mulai Diproduksi Bio Farma

Jakarta, hotfokus.com

PT Biofarma (Persero) menyatakan siap memproses bahan baku vaksin Covid-19 yang baru saja tiba di Indonesia agar menjadi vaksin yang siap edar. Sebanyak 10 juta dosis yang tiba pada tahap empat ini nantinya akan diproduksi mulai tanggal 13 Februari 2021 dan ditargetkan bisa selesai pada 20 Maret 2021.

Juru Bicara PT Bio Farma (Persero), Bambang Heriyanto, menjelaskan nantinya total bahan baku vaksin yang akan diterima mencapai 140 juta dosis untuk tahun 2021. Ditargetkan seluruhnya bisa diterima oleh pemerintah Indonesia pada Juli 2021 mendatang agar Biofarma bisa segera melakukan produksi.

“Sebanyak 140 juta dosis untuk 2021 ini pengirimaan secara bertahap hingga Juli 2021. Sebelumnya direncanakan sampai November 2021 tapi ini ada percepatan sehingga maju hingga Juli 2021,” ujar Bambang dalam konferensi pers virtual, Selasa (2/2/2021).

Dijelaskan bahwa hingga saat ini Bio Farma sudah menerima 15 juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku. Kini perseroan sedang melakukan proses produksi yang ditargetkan bisa selesai pada 11 Februari 2021 mendatang. Vaksin-vaksin tersebut nantinya akan diberikan kepada petugas atau pelayanan publik termasuk TNI/Polri yang rencananya penyuntikan akan dilakukan di akhir Februari 2021.

“Dalam proses produksinya dilakukan melalui quality control yang sangat ketat di laboratorium Bio Farma dengan diawasi juga oleh BPOM agar bisa dipastikan vaksin yang dihasilkan memenuhi standar mutu,” sambungnya. (DIN/RIF)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *