ads_hari_koperasi_indonesia_74

Indonesia Siap Berpartisipasi Pulihkan Ekonomi Global Via Presidensi G20

Indonesia Siap Berpartisipasi Pulihkan Ekonomi Global Via Presidensi G20

Jakarta, Hotfokus.com

Pemerintah Indonesia bertekad untuk ambil bagian dalam upaya pemulihan ekonomi global. Upaya ini ditempuh melalui pelaksanaan konferensi G20 yang akan diadakan di Indonesia Bagian Timur tahun ini.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, menyatakan Presidensi G20 manjadi momen yang sangat krusial bagi arah pemulihan ekonomi global. Masing-masing negara akan membawa isu-isu penting untuk disepakati bersama sehingga ekonomi global dapat kembali bangkit.

Dijelaskan bahwa G20 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) akan menjadi sejarah karena untuk pertama kalinya isu industri dibahas secara khusus dalam penyelenggaraan G20. Hal ini merupakan prakarsa pemerintah Indonesia untuk menambahkan nomenklatur industri dalam TIIWG.

“Untuk memanfaatkan momentum ini, pemerintah Indonesia akan mendorong kolaborasi negara-negara G20 dalam melakukan terobosan dan aksi nyata pada sektor perdagangan, investasi, dan industri guna berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi global,” ucap Agus Gumiwang Kartasasmita dalam Konferensi Pers Bersama “Inaugurasi G20 TIIWG” secara hibrida di Jakarta pada Selasa (8/2).

Untuk menyukseskan misi pemerintah membangun tata kelola industri, perdagangan dan investasi yang lebih baik, Kemenperin, Kementerian Perdagangan (Kemendag) dan Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan memperkuat bersinergi demi lancarnya penyelenggaraan G20 di Indonesia.

“Antara investasi industri dan perdagangan itu satu mata rantai. Tidak mungkin ada persaingan di antara sektor ini. Satu sama lain selalu mendukung, kalau investasi terganggu di industri akan terganggu dan akhirnya perdagangan ekspor impor juga akan terganggu,” ucapnya.

Sementara itu Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi menambahkan bahwa Kemendag berkomitmen dalam mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia agar agenda internasional ini menjadi katalis pemulihan ekonomi global. Untuk itu, pihaknya bersama Kemeninves/BKPM dan Kemenperin siap menjadi tuan rumah dan memimpin pertemuan G20 TIIWG untuk membahas upaya dan kebijakan setiap negara dalam mendesain kebijakan perdagangannya.

“Kami akan berupaya terus agar perdagangan, investasi, dan industri dapat kembali menjadi mesin penggerak bagi pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat global secara nyata,” pungkasnya. (DIN/rif)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *